Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman
Vol 3 (2023): Pembelajaran Berdeferensiasi dalam Mewujudkan Generasi Pancasila Unggul melalui Pembel

Pengaruh Prokrastinasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Insan Cendekia Sangatta

Muflihah Utami Tahir (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur)
Azainil Azainil (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur)
Achmad Muhtadin (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh prokrastinasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Insan Cendekia Sangatta tahun ajaran 2022/2023.Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Dalam penelitian ini terdapat satu variabel bebas yaitu prokrastinasi serta satu variabel terikat yaitu hasil belajar. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Insan Cendekia Sangatta tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 108 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 83 siswa. Instrumen penelitian ini berupa angket prokrastinasi, dan tes hasil belajar. Angket digunakan untuk memperoleh data mengenai prokrastinasi, sedangkan tes tersebut digunakan untuk memperoleh data mengenai tes hasil belajar siswa pada materi aritmatika sosial. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan taraf signifikan (α) sebesar 5% atau 0,05. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata prokrastinasi siswa termasuk dalam kategori sedang dan rata-rata hasil belajar siswa termasuk dalam kategori rendah. Hasil analisis inferensial prokrastinasi nilai siginifikansi yaitu 0,099 maka diterima berarti tidak terdapat pengaruh prokrastinasi terhadap hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan analisis inferensial maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh prokrastinasi terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Insan Cendekia Sangatta.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

psnpm

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika ini membahas permasalahan dalam ranah pendidikan matematika seperti permasalahan dalam belajar mengajar matematika atau permasalahan metodologis dalam bidang penelitian dalam pendidikan matematika. Prosiding ini adalah hasil kerjasama dengan Himpunan ...