Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok dalam mereduksi perilaku prokrastinasi akademik siswa di SMK Negeri 28 Jakarta. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 28 Jakarta. Teknik penarikan sampel dalam, penelitian ini adalah purposive sampling yaitu 8 siswa yang memiliki perilaku prokrastinasi akademik tinggi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket penelitian skala likert. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan uji Paired Sample T Test dengan versi20. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa gambaran perilaku prokrastinasi akademik siswa SMK Negeri 28 Jakarta sebelum diberikan layanan berada pada kategori Tinggi (Pretest), berbeda dengan hasil setelah diberikan layanan (Posttest) berada pada kategori Sangat Rendah. Maka, terdapat perbedaan yang signifikan terhadap perilaku prokrastinasi akademik pada kelompok siswa, sebelum dan sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompok.
Copyrights © 2023