Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (JMMB)
Vol 4, No 2 (2023): Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (JMMB)

PENGARUH PENGALAMAN KONSUMEN DAN LABEL HALAL TERHADAP MINAT BELI ULANG MELALUI KEPUASAN KONSUMEN

Moh. Zadul Washil (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jember)
Mochammad Farid Afandi (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jember)
Sumani Sumani (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2023

Abstract

Mixue merupakan salah satu brand dari sekian banyak industri Food and Beverage (F&B) yang berkembang pesat di Indonesia. Keberhasilan suatu bisnis atau usaha berkaitan erat dengan kemampuan manajemen pemasaran yang baik. Salah satu strategi dalam manajemen pemasaran adalah dengan mempelajari perilaku konsumen. Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena yang berkaitan dengan perilaku konsumen dimana tidak sedikit konsumen yang melakukan pembelian produk Mixue dengan kurang memperhatikan adanya Label Halal pada kemasan. Tidak hanya itu, pengalaman yang dirasakan konsumen juga menjadi faktor yang menentukan dalam pengaruhnya terhadap Minat Beli Ulang. Maka dari itu, hal yang dikaji dalam penelitian ini mengenai pengaruh Pengalaman Konsumen dan Label Halal terhadap Minat Beli Ulang melalui Kepuasan Konsumen Mixue di Kabupaten Jember.Penelitian ini bertujuan untuk menguji, menganalisis dan membahas apakah Pengalaman Konsumen dan Label Halal berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Ulang melalui Kepuasan Konsumen Mixue di Kabupaten Jember. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 97 responden. Jenis data pada penelitian ini adalah data kuantitatif atau data kualitatif yang dikuantitatifkan. Alat ukur yang digunakan yaitu skala Likert.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengalaman Konsumen berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, Label Halal berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, Pengalaman Konsumen berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Ulang, Label Halal tidak berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Ulang, dan terakhir Kepuasan Konsumen berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Ulang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JMMB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Manajemen Strategis, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasi, Perilaku Organisasi, Kewirausahaan, serta ...