Jurnal Visi Ilmu Pendidikan
Vol 15, No 2 (2023): Juli 2023

PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19

Galih Dwi Novianto (Education University of Indonesia)
Riche Cynthia Johan (Unknown)
Dadi Mulyadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2023

Abstract

Pandemi Covid-19 telah banyak mengubah berbagai aktivitas yang dilakukan secara konvensional menjadi kegiatan jarak jauh atau dalam jaringan. Termasuk pada kegiatan belajar dan mengajar yang tetap dilaksanakan dalam masa pandemi Covid-19. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan pendidikan jarak jauh di masa pandemi Covid-19 bagi pendidik, peserta didik, orang tua, dan sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana implikasi pendidikan jarak jauh di masa pandemi Covid-19 terhadap pendidik, peserta didik, orang tua, dan sekolah. Metode penelitian yang digunakan, yaitu jenis penelitian kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, bahwa penerapan dari PJJ berdampak besar bagi pendidik, peserta didik, orang tua, dan sekolah yang harus beradaptasi dengan keadaan dan kondisi baru ini. Adanya keterbatasan dan kurangnya akan kecakapan dalam penggunaan teknologi informasi membuat pelaksanaan pendidikan jarak jauh terhambat. Oleh karena itu, perlu diperhatikan bagi pendidik, peserta didik, orang tua, dan sekolah untuk dapat mendukung terselenggaranya pembelajaran pada pendidikan jarak jauh di masa pandemi Covid-19.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jvip

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Visi Ilmu Pendidikan published manuscripts on research in education, particularly related to teaching and learning, theory and practice in education, education policy, curriculum and materials development, education on culture and characters of nation, teacher education, and other relevant ...