Jurnal Visi Ilmu Pendidikan
Vol 15, No 2 (2023): Juli 2023

MEREDUKSI KECEMASAN AKADEMIK PADA MAHASISWA DENGAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK RESTRUKTURING KOGNITIF

Amallia Putri (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji keefektifan konseling kelompok teknik restrukturing kognitif untuk mereduksi kecemasan akademik menggunakan mixedmethods model embedded experimental. Menggunakan skala kecemasan akademik dengan subjek penelitian terdiri dari 14 orang yang terbagi menjadi kelompok ekperimen dan kelompok kontrol. Rata-rata hasil pretest kelompok eksperimen=105,4 kelompok kontrol =105,7 dan setelah diberikanya perlakuan diperoleh rata-rata postest kelompok eksperimen =80,28 dan kelompok control =90,14. Hasil uji wilcoxon signed-rank test nilai Z= -2,371 dengan nilai p sebesar 0,018. Nilai p lebih kecil dari pada 0,05 (0,183 < 0,05), dengan demikian maka Ha diterima dan Ho ditolak, yang berarti konseling kelompok teknik restrukturing kognitif efektif untuk mereduksi kecemasan akademik. Secara kualitatif dilihat dari analisis percakapan konseling dengan kecemasan akademik yang tinggi terfokus pada perasaan tertekan, tidak yakin akan kemampuan diri, takut, khawatir, tuntutan sekitar, tidak disukai, tidak percaya diri. Perubahan yang terjadi mengarah dalam kategori tinggi ke kategori sedang sampai rendah. Hal ini menunjukan bahwa intervensi konseling kelompok dengan teknik kognitif restrukturing memiliki dampak perubahan terapeutik terhadap konseli.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jvip

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Visi Ilmu Pendidikan published manuscripts on research in education, particularly related to teaching and learning, theory and practice in education, education policy, curriculum and materials development, education on culture and characters of nation, teacher education, and other relevant ...