Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki korelasi antara keterampilan proses sains dengan literasi sains siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Jambi. Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasinya yaitu seluruh peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah di Kota Jambi. sampel kelas VIII B dan VIII D sebanyak 43 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel yaitu cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah soal tes keterampilan proses sains dan literasi sains pada materi usaha dan pesawat sederhana. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial melalui uji korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata keterampilan proses sains sebesar 63,72 dan hasil literasi sains 57,37. Berdasarkan analisis statistik, terlihat bahwa adanya hubungan yang signifikan antara keterampilan proses sains dengan literasi sains. Koefisien korelasi r = 0.760, yang berarti terdapat hubungan positif yang kuat antara keterampilan proses sains dengan literasi sains siswa Madrasah Tsanawiyah di Kota Jambi
Copyrights © 2023