Prosiding University Research Colloquium
Proceeding of The 13th University Research Colloquium 2021: Mahasiswa (Student Paper)

Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Terhadap Peningkatan Komunikasi Interpersonal Siswa

Achmad Farhan (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Tawil Tawil (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Paramita Nuraini (Universitas Muhammadiyah Magelang)



Article Info

Publish Date
27 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh bimbingankelompok teknik sosiodrama terhadap peningkatan komunikasiinterpersonal siswa. Penelitian dilakukan nada Siswa kelas XI IPSMA YAJRI 2 Pakis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre eksperimendengan model One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian inimengambil populasi seluruh siswa kelas XI MA Yajri 2 Pakissebanyak 50 siswa. Subjek penelitian dipilih secara simple randomsampling, yaitu dilakukan dengan cara undian atau lotre . Sampelyang diambil sebanyak 8 orang siswa. Metode pengumpulan datadilakukan dengan menggunakan angket komunikasi interpersonal.Teknik analisis data menggunakan analisis ststistik parametricdengan uji Paired Sample T Test dengan bantuan program SPSS forWindows versi 24.00.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan kelompokdengan teknik sosiodrama berpengaruh meningkatkan pemahamankomunikasi interpersonal siswa. Hal ini dibuktikan adanya hasil ujiStatistic Paired Sample T Test menunjukan p=0,001<0,05, hasilprobabilitas menunjukan kurang dari 0,05 maka Ho ditolak. haltersebut berarti bimbingan kelompok teknik sosiodrama berpengaruhterhadap peningkatan komunikasi interpersonal siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

proceeding

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology

Description

University Research Colloquium (URECOL) merupakan forum seminar nasional yang memberikan kesempatan untuk diseminasi, diskusi, dan mendapatkan follow up atas luaran penelitian maupun pengabdian kepada ...