Pada saat ini seluruh negara yang berada dipenjuru dunia sedang ditimpa musibah besaryang disebabkan oleh virus Covid-19. Virus Covid-19 ini ternyata berdampak dalam duniapendidikan tidak terkecuali pada pembelajaran pendidikan agama Islam. Dalam kondisidarurat seperti ini pembelajaran pendidikan agama Islam tetap memiliki peran yangsangat penting bagi peserta didik pada saat menghadapi pandemi Covid-19. Karena padahakikatnya tujuan pembelajaran pendidikan agama Islam untuk meningkatkan keimanan,pemahaman, penghayatan dan pengamalan peserta didik tentang agama Islam sehinggamenjadi manusia muslim yang beriman dan bertaqwa Allah SWT serta berakhlak muliadalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Tujuan dari penelitianini adalah untuk mengidentifikasi problematika pembelajaran pendidikan agama Islamdalam kegiatan belajar mengajar secara daring (dalam jaringan) pada saat pandemi Covid19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (Field Research) danmenggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yangdigunakan dalam penelitian ini dengan cara wawancara dan observasi. Sedangakananalisis data dalam penelitian ini menggunakan data kualitatif yang disajikan tanpaperhitungan angka. Responden penelitian ini adalah salah satu wali kelas dan peserta didikkelas X di SMA Muhammadiyah Ngluwar .
Copyrights © 2022