Dalam pelajaran matematika peserta didik hendaknya harus mampu kemampuan dalam penalaran analogi dan kemampuan berpikir kritis. Namun, pada kenyataannya masih banyak peserta didik yang relatif belum menguasai kemampuan tersebut. Tujuan dilakukuannya penelitian ini guna mengetahui apakah terdapat dampak model POGIL dengan mind mapping terhadap penalaran analogi dan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Terpadu Pondok Pesantren Nurul Huda merupakan populasi dalam penelitian ini. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling. Sampel penelitian terdiri dari tiga kelas yaitu kelas eksperimen 1 menggunakan perlakuan model POGIL dengan mind mapping, kelas eksperimen 2 menggunakan perlakuan model POGIL, dan kelas kontrol menggunakan perlakuan model pembelajaran ekspositori. Metode pada penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasy Eksperiment Design. Pengambilan data penelitian ini menggunakan instrumen berbentuk uraian tes untuk mengukur penalaran analogi dan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini Multivariate Analysis of Varians (MANOVA) dengan taraf signifikansi 5% dengan berbantu aplikasi SPSS. Hasil dari penelitian ini didapat nilai signifikansi kurang dari 5% yakni sebesar 0,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat dampak model pembelajaran POGIL dengan mind mapping terhadap penalaran analogi dan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik.
Copyrights © 2023