Jurnal SUBLIMAPSI
Vol 4, No 3 (2023): Jurnal Sublimapsi

Motivasi Belajar dengan Academic Burnout Pada Mahasiswa

Nurlin Sahab (Halu Oleo University)
Muhamad Abas (Halu Oleo University)
Sitti Mikarna Kaimuddin (Halu Oleo University)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2023

Abstract

Academic burnout merupakan kondisi yang membuat berkurangnya minat individu dalam memenuhi tugas, rendahnya motivasi, dan kelelahan karena persyaratan pendidikan, sehingga munculnya perasaan yang tidak di inginkan dan perasaan tidak efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara motivasi belajar dengan academic burnout pada mahasiswa jurusan Teknik Arsitektur di Universitas Halu Oleo. Subjek dalam penelitian berjumlah 78 responden yang ditentukan dengan teknik random sampling. Jenis penelitian berupa penelitian kuantitatif korelasional. Instrumen penelitian menggunakan skala motivasi belajar dan skala academic burnout. Pengujian hipotesis dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara motivasi belajar dengan academic burnout pada mahasiswa jurusan Teknik Arsitektur di Universitas Halu Oleo. Nilai koefisien korelasi Pearson yang diperoleh menunjukkan nilai sebesar -0,621 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (ρ < 0,05). Hal ini berarti bahwa ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara motvasi belajar dengan academic burnout pada mahasiswa jurusan Teknik Arsitektur di Universitas Halu Oleo. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah hipotesis diterima.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sublimapsi

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Fokus dan rungan lingkup Jurnal SUBLIMAPSI membahas dari beberapa kajian ilmu psikologi, antara lain psikologi klinis, psikologi industri organisasi serta psikologi pendidikan dan ...