Academic burnout merupakan kondisi yang membuat berkurangnya minat individu dalam memenuhi tugas, rendahnya motivasi, dan kelelahan karena persyaratan pendidikan, sehingga munculnya perasaan yang tidak di inginkan dan perasaan tidak efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara motivasi belajar dengan academic burnout pada mahasiswa jurusan Teknik Arsitektur di Universitas Halu Oleo. Subjek dalam penelitian berjumlah 78 responden yang ditentukan dengan teknik random sampling. Jenis penelitian berupa penelitian kuantitatif korelasional. Instrumen penelitian menggunakan skala motivasi belajar dan skala academic burnout. Pengujian hipotesis dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara motivasi belajar dengan academic burnout pada mahasiswa jurusan Teknik Arsitektur di Universitas Halu Oleo. Nilai koefisien korelasi Pearson yang diperoleh menunjukkan nilai sebesar -0,621 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (ρ < 0,05). Hal ini berarti bahwa ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara motvasi belajar dengan academic burnout pada mahasiswa jurusan Teknik Arsitektur di Universitas Halu Oleo. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah hipotesis diterima.
Copyrights © 2023