Jurnal Jurusan Ilmu Keolahragaan
Vol. 11 No. 2 (2023): Juli

Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bola Besar Pada Peserta Didik Kelas XI SMA

I Made Yoga (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)
I Ketut Budaya Astra (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)
I Komang Sukarata Adnyana (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2023

Abstract

Kendala lainnya terjadi pada mata pelajaran bola besar adalah guru kurang termotivasi dalam memberikan materi bola besar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi model pembelajaran problem-based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar bola besar pada peserta didik kelas XI IPA 1 di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XI IPA 1 SMA yang berjumlah 36 orang dengan rincian 20 orang putri dan 16 orang putra. Metode pengumpulan data dengan tes. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar bola besar secara klasikal mengalami peningkatan, hasil belajar peserta didik di SMA diperoleh presentase sebesar 27,7%. Hasil belajar pada siklus I aspek pengetahuan passing bola basket adalah, 91,7%, aspek keterampilan passing bola basket 88,9%. Hasil belajar siklus II pada aspek pengetahuan passing bola voli adalah sebesar 94,4% sedangkan pada aspek keterampilan passing bola voli adalah 91,7%. Disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran problem-based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar bola besar (passing bola voli dan passing bola basket) pada peserta didik kelas XI IPA 1 SMA. Implikasi penelitian diharapkan guru PJOK untuk menggunakan model pembelajaran problem-based learning (PBL) karena dapat meningkatkan hasil belajar bola besar.

Copyrights © 2023