Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan
Vol 7 No 4 (2023): Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan

Peranan kompetensi dalam memediasi pengaruh pelatihan dan motivasi serta dampaknya terhadap kinerja tenaga penjual

Hery Winoto Tj (Universitas Kristen Krida Wacana)
Soegeng Wahyoedi (Universitas Kristen Krida Wacana)
Pieter Andre (Universitas Kristen Krida Wacana)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2023

Abstract

Every company certainly wants to continuously improve its performance to win the competition in the market, both in creating products needed by the market and providing excellent services for customer satisfaction. However, this will be difficult to achieve without performance improvement from employees. Therefore, every company needs a management approach that can effectively and efficiently accommodate any changes that occur, and one of them is good human resources management (HRM) that can continually adjust and utilize technology. Therefore, PT Hino Motors Sales Indonesia continuously provides periodic training to their salesmen in HRM development strategies, in hopes of improving the required competencies and providing a positive impact on the performance of salesmen at Hino dealers. Not only training, but participant motivation is also a factor in achieving better results. This research was conducted using a quantitative method and simple random sampling questionnaire distribution technique, with a known population of 159 salesmen, distributed to 114 respondents. The results of the study showed a significant influence between training and performance. Motivation had a positive and significant effect on performance. Training and motivation had a positive and significant effect on competence. Competency mediated training and performance have a direct and significant impact. Competency mediated between motivation and performance had a significant effect. The results of this study contribute to increasing the effectiveness of training on employee performance. Setiap perusahaan tentunya ingin meningkatkan kinerjanya secara berkelanjutan untuk memenangkan persaingan yang ada di pasar, baik dalam menciptakan barang dibutuhkan oleh pasar maupun layanan yang prima untuk kepuasan pelanggannya. Namun hal tersebut akan sulit untuk dicapai tanpa peningkatan kinerja dari para karyawannya. Oleh karena itu, setiap perusahaan pastinya membutuhkan pendekatan manajemen yang mampu mengakomodasikan setiap perubahan yang terjadi secara efektif dan efisien, dimana salah satunya adalah manajemen sumber daya manusia (SDM) yang baik yang dapat terus melakukan penyesuaian dan pemanfaatan teknologi. PT Hino Motors Sales Indonesia secara terus menerus memberikan pelatihan-pelatihan kepada tenaga penjualnya (salesmen) secara periodik dalam strategi pengembangan SDM, diharapkan dapat meningkatkan kompetensi yang dibutuhkan dan memberikan dampak positif terhadap kinerja salesmen di dealer Hino. Namun tidak hanya pelatihan, motivasi peserta juga menjadi faktor untuk mencapai hasil yang lebih baik. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dan teknik penyebaran kuesioner simple random sampling dengan populasi diketahui sebanyak 159 salesmen melalui penyebaran kuesioner yang diberikan kepada sejumlah 114 responden. Dari hasil penelitian, menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara pelatihan terhadap kinerja. Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Pelatihan dan motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi. Kompetensi memediasi pelatihan dan kinerja agar berpengaruh langsung dan signifikan. Kompetensi memediasi antara motivasi dan kinerja adalah berpengaruh signifikan. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi dalam meningkatkan efektivitas pelatihan terhadap kinerja karyawan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jmbk

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan (E-ISSN: 2598-0289) is a peer-reviewed journal, which provides a forum for publishing scientific articles in management and business field, including genuine research result, novel scientific review, and critics or comments about management nowadays. Jurnal ...