Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol. 6 No. 2 (2023): Matematika dan Pendidikan Matematika: Permasalahan dan Solusinya

Penerapan Pendekatan Time Token Berbasis Cooperative Learning Pada Pembelajaran Matematika

Sukmawati Sukmawati (Universitas Cokroaminoto Palopo)
Dwi Risky Arifanti (IAIN Palopo)
Fitriani A (Universitas Cokroaminoto Palopo)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk: Mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan Pendekatan Time Token Berbasis Cooperatif Learning, mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan setelah pembelajaran dengan mengunakan Pendekatan Time Token Berbasis Cooperatif Learning. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bua Ponrang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa sebelum diterapkan Pendekatan Time Token Berbasis Cooperatif Learning dikategorikan rendah dan hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan Pendekatan Time Token Berbasis Cooperatif Learning dikategorikan tinggi. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bua Ponrang setelah penerapan Pendekatan Time Token Berbasis Cooperatif Learning.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

proximal

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Proximal publishes research results, literature studies, and scientific papers on mathematics and mathematics education. Published scientific studies include Mathematics Teaching, Development of Mathematics Education, Mathematical Sciences, Applied Mathematics, Actuarial Mathematics, and related ...