Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia
Vol. 2 No. 1 (2023): June

Model pembelajaran kontekstual untuk membantu pemecahan masalah matematis

Lies Shofia Sa'diah (Universitas Majalengka)
Dede Salim Nahdi (Universitas Majalengka)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan pengetahuan awal tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini menggunakan metod Systematic Literature Riview (SLR) yang bertujuan untuk melakukan kajian literatre terkaitdengan penggunaan model pembelajaran kontekstual pada pemecahan masalah matematis, pengumpulan datadilakukan dengan meriview semua artikel terkait penggunaan model pembelajaran kontekstual yang di terbitkan dalam kurun waktu 5 tahun terakhir ( 2018-2022 ). Artikel yang digunaka dalam penelitian ini sebanyak 15 artikel yangdi peroleh dari Google Scolar degan menggunakan aplikasi Phublish or Pheris. Berdasarkan penelitian ini model pembelajaran kontekstual efektifdigunakan dalam proses pembelajaran matematka khususnya untu proses pemeahan matematis di sekolah dasar. Hal ini karena dengan menggunakan model pembelajaran konekstual dapat meningkatan pemahaman siswa pada pemecahan maslah matematis. Maka model pembelajaran kontekstual ini sangat layak di gunakan dalam proses pembelajaran karena dengan model ini tenaga pendidik menghubungkan antara akademis dengan konteks kehidupan sehari-hari siswa pada saat pembelajaran berlangsung.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Papanda Publisher. Jurnal ini terbit setiap 6 bulan atau dua kali dalam satu tahun. Artikel-artikel yang diterbitkan jurnal ini adalah artikel karya ilmiah, studi pustaka atau hasil penelitian yang dilakukan oleh pendidik di Indonesia, baik itu guru, dosen, maupun ...