Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia
Vol. 2 No. 1 (2023): June

Penggunaan Quizizz sebagai Media Asessment untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Kelas IX-E di SMPN 3 Cilimus

Muhammad Sidik (SMP Negeri 3 Cilimus)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Penelitian tindakan kelas dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa kelas IX-E IPS SMPN 3 Cilimus pada saat observasi awal. Beberapa faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa antara lain metode pengajaran guru yang monoton, kurangnya penggunaan media pembelajaran, kurangnya sarana prasarana penunjang seperti proyektor. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media penilaian quizizz terhadap motivasi belajar siswa di salah satu kelas IX SMPN 3 Cilimus. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang didasarkan pada model penelitian tindakan kelas dari Kemmis dan Mc Taggart. Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam beberapa tahapan dalam setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan penelitian, observasi dan juga refleksi. Data peningkatan motivasi belajar siswa diambil dari teknik observasi sedangkan data peningkatan hasil belajar siswa diambil dari tes menggunakan Quizizz setelah beberapa kali pertemuan. Hasil penelitian dengan menggunakan media penilaian quizizz dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sebesar 30,63%, hal ini dibuktikan dari hasil lembar observasi motivasi belajar siswa dimana pada setiap siklusnya meningkat yaitu pada siklus I sebesar 51,56% dengan kategori rendah kemudian pada Siklus II menjadi 67,50% dengan kategori tinggi dan terakhir pada siklus III menjadi 82,19% dengan kategori sangat tinggi. Selain itu meningkatkan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 11,40 dari siklus I ke siklus III, selain itu ketuntasan klasikal meningkat sebesar 37,50% yang menunjukkan bahwa penelitian ini berhasil dan mencapai target. Hal ini dibuktikan oleh pada siklus I rata rata hasil belajar siswa pada pelajaran IPS yaitu sebesar 73,44 dengan presentase ketuntasan 50% dan masih dibawah nilai ketuntasan minimum, pada siklus ke II rata rata nilai hasil belajar menjadi 80,78 dengan presentase ketuntasan 71,88 dan walaupun terjadi peningkatan dari siklus I, namun belum mencapai ketuntasan minimum, pada siklus ke III nilai rata rata hasil belajar siswa pelajaran IPS sudah mencapai 84,84 dengan presentase ketuntasan 87,50%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Papanda Publisher. Jurnal ini terbit setiap 6 bulan atau dua kali dalam satu tahun. Artikel-artikel yang diterbitkan jurnal ini adalah artikel karya ilmiah, studi pustaka atau hasil penelitian yang dilakukan oleh pendidik di Indonesia, baik itu guru, dosen, maupun ...