Curtina
Vol 4 No 1 (2023)

ANIMASI AUGMENTED REALITY UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS ANDROID

Zano Fawaid (Universitas PGRI Ronggolawe Tuban)
Amaludin Arifia (Universitas PGRI Ronggolawe)
Fitroh Amaluddin (Universitas PGRI Ronggolawe)
Asfan Muqtadir (Universitas PGRI Ronggolawe)
Zaebi Agustia Hidayatullah (Universitas PGRI Ronggolawe)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Augmented Reality (AR), adalah teknologi dengan konsep menggabungkan dimensi dunia nyata dengan dimensi dunia maya yang di tampilkan secara realtime. Augmented Reality tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan apa yang ada di dunia nyata, namun hanya sekedar menambahkan atau melengkapi. Hal ini dilakukan dengan cara menambahkan objek tiga dimensi pada marker, yakni sebuah pola yang bersifat unik dan dapat dikenali oleh aplikasinya. Smartphone memungkinkan pengembangan aplikasi Augmented Reality dengan murah serta dapat diakses oleh banyak pengguna. Augmented Reality dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang salah satunya adalah sebagai sarana pendidikan untuk siswa-siswi. Augmented Reality dapat digunakan untuk menciptakan sebuah lingkungan pembelajaran yang lebih interaktif dimana siswa-siswi dapat berinteraksi langsung dengan obyek dunia maya sehingga siswa-siswi pun dapat bermain sambil belajar. Aplikasi ini dibuat dengan Vuforia SDK sebagai alat untuk mengembangkan Augmented Reality dengan C# berbasis Android. Aplikasi animasi Augmented Reality untuk media pembelajaran geografi dapat membaca marker pada buku yang sudah disediakan dan bisa di unduh lewat aplikasi, aplikasi animasi Augmented Reality untuk media pembelajaran geografi dapat menampilkan model 3 dimensi di layar perangkat Android dan mengeluarkan suara penjelasan materinya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

curtina

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Curtina adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika, yang terbit setahun dua kali pada bulan Desember dan Juli. Curtina memiliki bidang penelitian ilmu Komputer atau Informatika, Sistem Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Decision Support System, Data Mining, Interfacing ...