JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan
Vol 7, No 3 (2023): September

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match intuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Muatan IPS Kelas V UPTD SD Negeri 166 Barru

Rasmi Djabba (Universitas Negeri Makassar)
Abdul Hakim (Universitas Negeri Makassar)
Ayu Wulandari (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2023

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses dan hasil belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas V UPTD SD Negeri 166 Barru yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif. Hasil pembelajaran siklus I menunjukkan aktivitas guru berada pada kategori baik (B), aktivitas dan hasil belajar siswa berada pada kategori cukup (C). Adapun hasil pembelajaran siklus II menunjukkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar berada pada kategori baik (B) sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe index card match dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada muatan IPS tentang jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi masyarakat di kelas V UPTD SD Negeri 166 Barru

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIKAP

Publisher

Subject

Education

Description

JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan merupakan Jurnal Pendidikan dan pembelajaran yang dikelola secara proses peer review, menerima Artikel tentang Pendidikan, Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. Jurnal JIKAP PGSD mulai tahun 2019 terbit 3 kali dalam setahun yaitu bulan Januari, Mei dan ...