Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 9 No. 3 (2023): July-September

Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament dan Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Beatrix Ela Salu (Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga)
Agustina Tyas Asri Hardini (Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2023

Abstract

Penelitian eksperimen kelas V di SD Negeri Kutowinangun 07 Salatiga yang dilatar belakangi berdasarkan hasil observasi dan wawancara terdapat masalah hasil belajar siswa yang rendah pada pelajaran IPS. Hasil belajar siswa kelas V dengan nilai rata-rata PTS kelas A 63,2 sedangkan nilai PTS kelas B 53,6 dengan KKM 65. Guru menggunakan metode konvensional dalam menyampaikan materi. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament dan Numbered Head Together. Metode penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen yang dilakukan pada dua kelas dimana setiap kelas mendapat perlakuan yang berbeda. Dikelas eksperimen 1 menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together dan kelas eksperimen 2 menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament.  Subjek penelitian dilakukan di kelas V. Kelas A berjumlah 16 siswa dan Kelas B berjumlah 17 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes hasil belajar. Hasil yang diperoleh: thitung sebesar 2,148 Hasil analisis uji t atau uji beda dengan menggunakan t-test for equality of means dengan Dig.2-tailed kelompok eksperimen maupun kontrol sebesar 0,040. Oleh karena nilai signifikasi 2-tailed kedua kelas lebih < 0,05. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament dan Numbered Head Together dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri Kutowinangun 07 Salatiga.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...