Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 9 No. 4 (2023): October-December

Literasi Dasar Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar

Nopika Ayu Lestari (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Mawardi Mawardi (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Sunaryo Sunaryo (Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2023

Abstract

Pendidikan dasar memegang peran penting dalam membentuk pengetahuan, keterampilan, dan sikap dasar yang diperlukan dalam masyarakat. Salah satu aspek utama dalam pendidikan dasar adalah kemampuan membaca, yang bukan hanya sekadar keterampilan, tetapi juga landasan bagi siswa untuk efektif mengikuti pelajaran di sekolah. Namun, di Indonesia, minat baca siswa, terutama di tingkat sekolah dasar, masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan literasi dasar dengan minat baca siswa kelas IV di Sekolah Dasar Swasta ASDU Kabupaten Tangerang. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di Sekolah Dasar Swasta ASDU sebanyak 41 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 41 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen pernyataan angket yang terdiri 22 soal literasi dasar dan 21 soal minat baca yang valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara literasi dasar dengan minat baca siswa kelas IV. Data dianalisis menggunakan metode korelasi, menunjukkan bahwa semakin tinggi literasi dasar siswa, semakin tinggi minat baca mereka. Observasi juga mengungkapkan bahwa implementasi gerakan literasi dasar memainkan peran penting. Gerakan ini membantu membentuk kebiasaan membaca sejak dini dan memperkenalkan siswa pada kegiatan yang lebih produktif, membuka jalan bagi peningkatan minat baca.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...