Jurnal Ekonomi Syariah dan Hukum Islam
Vol. 6 No. 1 (2023): JUNI

PENGARUH MEDIA SOSIAL, KUALITAS PRODUK DAN BUDAYA TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI PRODUK BRAND SCARLETT

Alimatul Farida (Universitas Yudharta Pasuruan)
Sukamto Sukamto (Universitas Yudharta Pasuruan)
Ifdholul Maghfur (Universitas Yudharta Pasuruan)
Dewi Arisa Fitria (Universitas Yudharta Pasuruan)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2023

Abstract

Media Sosial ini adalah suatu bentuk media yang membantu kita karena memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan pengguna media sosial lainnya dan bisa berbagi informasi. kualitas produk ini merupakan suatu kemampuan barang untuk membantu memberi nilai terhadap pelanggan yang paling unggul dan sesuai dengan yang diinginkan oleh pelanggan sehingga dapat memenuhi kebutuhan pemakaianya. Budaya adalah penjelasan dari orang yang pernah membeli produk tersebut, untuk memberikan penjelasan pengalaman yang baik saat membelinya, Pada penelitian mempunyai tujuan yaitu untuk mengetahui apakah media sosial, kualitas produk dan budaya mempunyai pengaruh terhadap keputusan konsumen membeli produk brand Scarlett. Pada penelitian ini yang digunakan metode kuantitatif dan juga regresi linier berganda, kuisioner digunakan untuk pengumpulan data. Yang menjadi populasi adalah santri pondok pesantren Ngalah Asrama I. Berdasarkan hasil penelitian, maka bisa ditarik kesimpulan yaitu Media sosial berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen membeli produk brand Scarlett pada Santri Pondok Pesantren Ngalah Asrama I. Hal ini bisa dilihat dengan thitung yang jauh besar dari pada ttabel (9,319 > 1,993). Kualitas produk ini hasilnya berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen membeli produk brand Scarlett pada Santri Pondok Pesantren Ngalah Asrama I. Hal ini ditunjukkan dengan adanya thitung lebih besar dari ttabel (10,835 < 1,993). Pada budaya ini berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen membeli produk brand Scarlett pada Santri Pondok Pesantren Ngalah Asrama I. Hal ini dilihat dari thitung yang lebih besar dari ttabel (2,199 > 1,993). Media sosial kualitas produk dan budaya berpengaruh secara bersama terhadap keputusan konsumen membeli produk brand Scarlett pada Santri Pondok Pesantren Ngalah Asrama I dengan Fhitung > Ftabel (141,314 > 2,728).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IQTISODINA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Iqtisodina (Online ISSN : 2722-8460) : Jurnal Ekonomi Syariah dan Hukum Islam sebuah Media informasi dan karya tulis ilmiah untuk kalangan akademisi terutama kampus Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang Madura, merupakan jurnal ilmiah yang memuat makalah dan artikel ilmiah yang ...