EduBase : Journal of Basic Education
Vol 4 No 2 (2023): EduBase : Journal of Basic Education

Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar

Asriyanti Asriyanti (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Andi Adam (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Ummu Khaltsum (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2023

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada materi menulis permulaan masih sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis permulaan dengan menggunakan media gambar pada murid kelas I SDN 261 Siengkang Kabupaten Wajo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Reaserch) yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Fokus penelitian ini adalah keterampilan menulis permulaan dan penggunaan media gambar di kelas I SDN 261 Siengkang Kabupaten Wajo. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah murid kelas I yang berjumlah 18 orang murid. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu terjadinya peningkatan aktivitas belajar murid dari siklus I ke siklus II, hasil belajar murid mengalami peningkatan yaitu perolehan rata-rata skor hasil belajar murid pada siklus I 69,5 meningkat pada siklus II menjadi 87,7. Ketuntasan belajar menulis permulaan murid juga mengalami peningkatan, dimana pada siklus I, dari 4 (22,2%) murid mencapai ketuntasan belajar, sedangkan pada siklus II sebanyak 16 (88,9%) murid mencapai ketuntasan belajar dan ketuntasan belajar klasikal tercapai. Hal ini berarti ketuntasan belajar pada siklus II tercapai secara klasikal karena jumlah murid yang tuntas lebih dari 80%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diatas, dapat disimpulkan keterampilan menulis permulaan kelas I SDN 261 Siengkang Kabupaten Wajo melalui penerapan media gambar mengalami peningkatan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edubase

Publisher

Subject

Education

Description

EduBase merupakan salah satu portal jurnal yang menyajikan hasil penelitian ilmiah lapangan maupun non lapangan di lingkup pendidikan dasar yang dilakukan oleh praktisi pendidikan seperti guru, dosen, professor maupun mahasiswa. Hasil penelitian ilmiah yang dibahas terkait dengan kajian strategi, ...