Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha
Vol. 9 No. 2 (2023): Pengajaran Bahasa Jepang dan Budaya Populer

ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DAN LURING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMAN 6 MALANG

Sachputra, Sofyan (Unknown)
Indrowaty, Sri Aju (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2023

Abstract

Virus COVID-19 adalah virus yang ditemukan di China tahun 2019 di Kota Wuhan. Virus COVID-19 menjadi masalah kesehatan dunia. Salah satu sekolah yang terdampak oleh Virus COVID-19 adalah SMAN 6 Malang. Dengan adanya pandemi COVID-19, terpaksa dilakukannya pembelajaran daring. Tetapi, dengan pandemi yang sudah reda, pemerintah telah mengizinkan pembelajaran luring. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektivitas pembelajaran daring dan luring terhadap hasil belajar kognitif siswa SMAN 6 Malang. Metode yang digunakan deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran daring dan luring termasuk dalam kategori “Efektif” dengan persentase daring 71% dan luring 74%. Berdasarkan hasil analisis deskriptif hasil belajar siswa kelas 12 BSBU (Bahasa dan Budaya), kelas 12 BSBU memperoleh rata-rata nilai daring sebesar 80,14 dan rata-rata nilai luring sebesar 87,45. Selanjutnya, kelas 12 MIPA 1 memperoleh rata-rata nilai daring sebesar 83,03 dan rata-rata nilai luring sebesar 74,35.

Copyrights © 2023