Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol. 3 No. 4 (2023): EduTIK : Agustus 2023

Pengembangan Game Edukasi Dasar Desain Grafis untuk Sekolah Menengah Kejuruan

Nurani Kolopita (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Herry Sumual (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Charnila Desria Heydemans (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu game edukasi sebagai media pembelajaran tambahan berbasis android yang sesuai dengan kebutuhan untuk digunakan pada mata pelajaran dasar desain grafis di SMK Negeri 1 Tompasobaru. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Multimedia Development Life Cycle (MDLC), dimana terdiri dari enam tahapan yang diantaranya concept, design, material collection, assembly, testing, dan distribution. Pengujian game edukasi ini dilakukan menggunakan standar ISO 25010 yang dalam pengujiannya meliputi aspek materi, aspek media yang terdiri dari functional suitability, compatibility dan usability. Hasil pengujian yang diperoleh disemua aspek telah memenuhi standar kualitas materi serta kualitas media, dengan pengujian pada aspek materi memperoleh nilai rata-rata keseluruhan 4,65 termasuk kategori sangat layak, pada pengujian aspek functional suitability yang memperoleh nilai 100% dengan kategori sangat layak, pada pengujian aspek compatibility yang diuji pada berbagai tipe system operasi android mendapatkan presentase 100% dengan kategori sangat layak, dan pada aspek usability mendapatkan rata-rata skor 84,2 yang dalam hal ini termasuk pada kategori sangat layak. Dari hasil yang didapat maka peneliti mengambil kesimpulan bahwa aplikasi game edukasi dasar desain grafis sebagai media pembelajaran tambahan di SMK Negeri 1 Tompasobaru yang dibuat menggunakan Unity 3D berbasis android telah layak dan sesuai untuk digunakan dalam menunjang proses pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edutik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Engineering

Description

Jurnal Edutik adalah jurnal yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado yang bertujuan untuk meningkatkan dan menyediakan wadah publikasi bagi artikel penelitian dalam bidang Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan ...