Jurnal Pengbdian Teknik Mesin
Vol. 2 No. 1 (2022): AbdiMesin

Penerapan Digital Marketing dan Peningkatan Strategi Pemasaran HPS (Himpunan Pengusaha Sumberrejo) Kemado

M. Tutuk Safirin (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur)
Radissa Dzaky Issafira (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur)
Teguh Priyatna (Unknown)
Geby Hotmauli Malau (Unknown)
Intan Normania Rahma (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 May 2022

Abstract

Marketing digital ialah suatu sistem sosial dimana keinginan tiap pihak terpilih akan bertemu secara virtual untuk melakukan kegiatan transaksi jual beli. Himpunan Pengusaha Sumberrejo (HPS) Kemado adalah salah satu organisasi yang ada di Desa Sumberrejo dengan anggota para pemilik UMKM Desa Sumberrejo dan belum menerapkan digital marketing sehingga mengalami kendala dalam pemasaran produknya. Hal tersebut yang mendasari kami melakukan penerapan digital marketing dan peningkatan strategi pemasaran HPS (Himpunan Pengusaha Sumberrejo) Kemado. Tujuan dalam kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat mengenai digital marketing sehingga lebih mudah dalam memasarkan produk. Metode yang digunakan pelatihan dengan beberapa tahapan, yaitu identifikasi masalah, persiapan, pelatihan, evaluasi, dan monintoring. Dalam pelaksanaannya, terdapat 5 UMKM anggota HPS Kemado yang dapat kami capai untuk kegiatan tersebut, yaitu Keripik Ol-El, KRIPIK 86, Sari Nande, Kopi Kutjur, dan Krinnies. Dengan adanya kegiatan ini, UMKM HPS Kemado dapat mengenalkan produk terhadap konsumen atau calon konsumen lebih mudah, efektif, dan efisien serta jangkauan pasar produk semakin luas sehingga diharapkan tingkat penjualan dapat meningkat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

abdimesin

Publisher

Subject

Humanities Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Materials Science & Nanotechnology Mechanical Engineering

Description

Jurnal ini berfokus untuk mempublikasikan jurnal dengan tema Pelayanan komunitas, Pemberdayaan Masyarakat, Akses Sosial; Pelatihan, Pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan; Marketing, agricultural, Ketahanan Pangan Lokal; Teknologi tepat guna, desain, science & technology dan Pengabdian Komunitas ...