Jambura Health and Sport Journal
Vol 5, No 2 (2023): Agustus

KECERMATAN PELAYANAN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN GORONTALO

Sylva Flora Ninta Tarigan (Universitas Negeri Gorontalo)
Juwita Suma (Poltekkes Kemenkes Gorontalo)
Nikmatisni Arsad (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2023

Abstract

Setiap organisasi yang berhubungan dengan masyarakat secara luas atau publik, maka akan selalui berhubungan dengan pelayanan. Pelayanan sangat erat hubungannya dengan memberikan kepuasan kepada (provide costmer satisfaction). Pemberian pelayanan yang baik kepada pelanggan, maka pelanggan akan mendapatkan kepuasan dan pelanggan juga merasa diperhatikan keberadaaannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kecermatan petugas dalam pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan pada kantor cabang BPJS Kesehatan Gorontalo. Jenis penelitian observasional deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu masyarakat yang berkunjung pada kantor cabang BPJS Kesehata Gorontalo dengan menggunakan Purposive Samplingdengan sampel berjumlah 30 orang. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian bahwa efektivitas pelayanan petugas berdasarkan faktor kecermatan (81,4%) dan faktor gaya pemberi layanan (88,5%). Kesimpulan dari 2 variabel pengukuran pelayanan petugas BPJS Kesehatan Cabang Gorontalo berada pada kategori sangat baik. Disarankan bagi BPJS Kesehatan Cabang Gorontalo untuk terus konsisten dalam memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat Gorontalo. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jhsj

Publisher

Subject

Health Professions

Description

Jambura Health and Sport Journal (JHSJ) is an international peer-refereed research journal published by the faculty of sports and health. The scope of articles published in this journal deals with a broad range of topics, including Sports training science, Physical Education and Sport, Public ...