Widya Aksara: Jurnal Agmaa Hindu
Vol 28 No 2 (2023)

ANALISIS MANAJEMEN PEMBELAJARAN PADA PASRAMAN VIDYA STHANA SURANADI

Putu Asri Tirtawati (Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram)
I Nyoman Wijana (Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram)
I Wayan Rudiarta (Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan melakukan analisis dan kajian terkait Manajemen Pembelajaran pada Pasraman Vidya Sthana Suranadi. Manajemen pembelajaran tidak hanya berlaku pada pendidkan formal akan tetapi juga pada pendidikan non formal. Sebagaimana yang diterapkan di Pasraman Vidya Sthana Suranadi. Permasalah yang diangkat pada penelitian ini adalah (1) perencanaan pembelajaran pada Pasraman Vidya Sthana Suranadi, (2) pelaksanaan pembelajaran pada Pasraman Vidya Sthana Suranadi, (3) evaluasi pembelajaran pada Pasraman Vidya Sthana Suranadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif atau metode kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipan, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penerikan kesimpulan. Temuan penelitian ini didukung oleh teori kebutuhan (Maslow) dan teori Manajemen Pembelajaran. Hasil penelitian ini ditemukan: Pertama perencanaan pembelajaran pada Pasraman dilaksanakan 5 mata pelajaran antara lain Pendidikan Agama Hindu, Aksara Bali, Yoga Asanas, Seni Tari dan Bahasa Inggris. Perencanaan pembelajaran pada Pasraman terdapat beberapa komponen yaitu: tenaga pendidik, tujuan pembelajaran, metode pembelajaran, keuangan, dan penyediaan sarana dan prasarana yang menunjang proses pembelajaran. Kedua pembelajaran dilaksanakan setiap hari Minggu sore dengan mata pelajaran yang berbeda setiap minggunya, dalam kegiatan belajar mengajar acarya melakukan 3 kegiatan inti yaitu: membuka pelajaran, memberikan materi, dan menutup pelajaran. Ketiga evaluasi pemebelajaran dilaksanakan dengan tanya jawab, ulangan harian dan praktek untuk mengetahui tingkat pemahaman dari brahmacari. Terdapat kebijakan-kebijakan pada evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas Pasraman dari segi acarya dan brahmacari pasraman ini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

WidyaAksara

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

Widya Aksara : Jurnal Agama Hindu merupakan Jurnal Sosial, Budaya dan Agama Hindu yang menerbitkan hasil penelitian atau pemikiran tentang studi agama dan studi sosial dan budaya menggunakan perspektif interdisipliner. Lingkup Widya Aksara : Jurnal Agama Hindu adalah: Studi agama Hindu seperti ...