Pendidikan kesehatan merupakan suatu proses belajar untuk mengembangkan pengertian yang benar dan sikap yang positif dari individu atau kelompok terhadap kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan tentang kesehatan reproduksi. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen yang termasuk ke dalam pre-test dan post-test one group design. Penelitian yang dilaksakan di SMPN 3 SATAP Buntao’. Populasi pada penelitian ini adalah Siswa kelas VII&VIII yang berjumlah 93 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah responden 76 orang. Analisa data statistik yag digunakan adalah uji t berpasangan. Jenis Pengumpulan data dilakukan pada saat sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan tentang kesehatan reproduksi dengan menggunakan kuesioner yang diambil secara langsung kepada responden. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh yang signifikan pada tingkat pengetahuan siswa mengenai kesehatan reproduksi pada pre-test dan post-test dengan menggunakan kuesioner. Hasil uji t berpasangan menunjukkan tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan dan didapatkan hasil signifikan yaitu nilai t hitung > t tabel. Dimana nilai t hitung yaitu 2,2040 (tanda minus diabaikan) dan nilai t tabel sebesar 1,992. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa ada pengaruh pendidikan kesehatan tentang kesehatan reproduksi terhadap tingkat pengetahuan siswa kelas VII & VIII SMPN 3 SATAP Buntao’ Kecamatan Buntao’ Kabupaten Toraja Utara tahun 2023. Berdasarkan penelitian ini pendidikan kesehatan tentang kesehatan reproduksi dapat mempengaruhi peningkatan pengetahuan pada siswa. Diharapkan siswa dapat menerapkan tingkat pengetahuannya tentang kesehatan reproduksi. Selain itu, diharapkan dapat mensosialisasikan hasil penelitian ini kepada siswa sehingga siswa yang lain mengetahui tentang kesehatan reproduksi
Copyrights © 2023