Bahasa Krama Inggil merupakan salah satu warisan budaya yang hampir punah dan harus kita lestarikan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Implementasi Metode Bernyanyi dalam Mengenalkan Bahasa Krama Inggil Pada Anak Usia 4 – 5 Tahun di RA Nurul Ulum Desa Sandingrowo Kecamatan Soko Kabupaten Tuban. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah anak usia 4 – 5 tahun dan guru kelas A di RA Nurul Ulum Sandingrowo Soko Tuban yang berjumlah 15 anak, terdiri dari 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2023. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber dengan harapan data yang dihasilkan valid, subjektif dan otentik. Hasil dari penelitian ini bahwa Implementasi metode bernyanyi dalam mengenalkan bahasa krama Inggil adalah dalam pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru di kelas menggunakan metode bernyanyi dengan dua jenis lagu yaitu 3 tembang dolanan dan 5 lagu gubahan. Implementasi metode bernyanyi dalam mengenalkan Bahasa krama Inggil memberikan hasil yang positif terhadap anak-anak di RA Nurul Ulum dibuktikan dengan hasil wawancara kepada para wali murid yang sebagian besar anak sudah bisa menyebutkan beberapa kosa kata Bahasa krama inggil
Copyrights © 2023