Universal Raharja Community (URNITY Journal)
Vol 3 No 2 (2023): URNITY (Universal Raharja Community)

SOSIALISASI DAN PENYUSUNAN STANDAR SERTIFIKASI PRODUK HALAL BAGI UMKM DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA (MITRA KEDAI KANTIN PANCASILA)

Hartutik Tutik (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Sa'diyah El Adawiyah (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Sunarti sunarti (Universitas Muhammadiyah Jakarta)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2023

Abstract

Makanan dan minuman halal, menjadi kebutuhan pokok bagi umat Islam, oleh karenanya konsumen butuh ketenangan dan kenyamanaan saat mengkonsumsi suatu produk. Sertifikasi halal merupakan salah satu cara pemerintah melalui Majelis Ulama Indonesia menyatakan bahwa suatu produk dinyatakan halal dan aman dikonsumsi. Bagi produsen pencantuman label halal dapat membangun kepercayaan dan loyalitas konsumen terhadap produk tersebut. Lingkungan UMJ sebagai lingkungan akademis yang bernuansa Islam yang memiliki image halal oriented, hendaknya mampu memberikan bukti ke masyarakat bahwa memang benar semua makanan dan minuman yang dijual dilingkukanan UMJ telah memanuhi standar halal meskipun mungkin sertifikat halal belum dimiliki oleh para palaku usaha. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah pelaku usaha paham akan pentingnya menjual makan dan minuman yang memiliki standar halal, sehingga aktivitas mulai dari pemilihan bahan, penyimpanan, pengolahan dan penyajian semua telah sesuai dengan standar halal MUI. Setalah memahmi, diharapkan para UMKM dilingkungan UMJ mampu menyiapkan segala sesuatunya untuk bisa diajukan sertifikasi halal. Objek pengabdian masyarakat ini adalah pedagang di Kantin FEB UMJ baik di kantin gedung pancasila, maupun kantin di lokasi lama.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

urnity

Publisher

Subject

Education Environmental Science Social Sciences

Description

URNITY (Universal Raharja Community) merupakan jurnal pengabdian kepada masyarakat yang menjadi wadah ilmiah bagi peneliti mempublikasikan artikel ilmiah tentang pengabdian kepada masyarakat. Jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (LPPM) ...