Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui (conteks) program pendidikan karakter di lingkungan SMP Negeri 1 Kaidipang, (2) untuk mengetahui masukan (input) program pendidikan karakter di lingkungan SMP Negeri 1 Kaidipang, (3) untuk mengetahui proses (process) program pendidikan karakter di lingkungan SMP Negeri 1 Kaidipang, (4) untuk mengetahui produk (product) program pendidikan karakter di lingkungan SMP Negeri 1 Kaidipang. Penelitian ini menggunakan metode evaluasi model CIPP, dengan jumlah subjek penelitian yaitu 22 orang, teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner (angket). Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan menggunakan formulasi persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) konteks (context) program pendidikan karakter di lingkungan SMP Negeri 1 Kaidipang berada pada kategori sangat baik atau terpenuhi dengan baik, (2) masukan (input) program pendidikan karakter di lingkungan SMP Negeri 1 Kaidipang berada pada kategori sangat baik atau terpenuhi dengan baik, (3) proses (process) program pendidikan karakter di lingkungan SMP Negeri 1 Kaidipang berada pada kategori sangat baik atau terpenuhi dengan baik, (4) produk (product) program pendidikan karakter di lingkungan SMP Negeri 1 Kaidipang berada pada kategori sangat baik atau terpenuhi dengan baik. Kata Kunci: Evaluasi, Pendidikan Karakter, Model CIPP
Copyrights © 2023