Jurnal Ekonomi Utama (Juria)
Vol 2 No 2 (2023): Juria: Jurnal Ekonomi Utama

Analisis Strategi Marketing Pembiayaan Haji di Bank Muamalat KCP Solok

Fauzi Arlen (Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek, Bukittinggi, Indonesia)
Sandra Dewi (Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek, Bukittinggi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Artikel ini yang menjadi permasalahannya adalah Bagaimana Strategi Marketing Pembiayaan Haji di Bank Muamalat KCP Solok dengan melihat kondisi masyarakat yang kurang memahami tentang produk pembiayaan haji kemudian melaksanakan pembiayaan haji bagi para nasabah dengan cara ditalangkan oleh pihak bank muamalat KCP Solok dan juga kurangnya personal marketing dalam memasarkan atau memperkenalkan pembiayaan haji. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini untuk mengetahui serta menjelaskan tentang Bagaimana Strategi Marketing Pembiayaan Haji di Bank Muamalat KCP Solokdan upaya yang dapat dilakukan untuk menangani permasalah yang terjadi pada strategi marketing pembayiaan Haji di Bank Muamalat KCP Solok. Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif dimana menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi langsung pada pihak Bang Muamalat KCP Solok. Data sudah terkumpul maka penulis lakukan analisis data dengan menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan pada pihak Bank Muamalat KCP Solok dimana masing-masing dari dimensi pelayanan yang terdiri dari reliability (kendalan), responsivness (daya tanggap), assurance (jaminan), emphaty (empati), dan tangible (bukti fisik) sudah cukup baik diterapkan tetapi belum maksimal sebab masih ada beberapa kendalakendala yang menghambat untuk mencapai kesempurnaan penerapan terhadap strategi peningkatan kepuasan nasabah pembiayaan haji pada Bank Muamalat KCP Solok itu sendiri seperti persaingan dengan kompetitor lembaga keuangan lainnya, belum cukup mampu menyediakan keinginan nasabah, dan fasilitas pelayanan yang kurang memadai menyebabkan jumlah dan kepuasan yang dirasakan nasabah kurang puas. Dengan adanya strategi yang baik pada suatu Bank Muamalat maka eksistensi dari Bank Muamalattersebut akan selalu ada dan dapat dipercaya dan dikenal olehmasyarakat Kata kunci : Strategi, Marketing, Realibity, Responsivness, Assurance, Epphaty, dan Tangible.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

juria

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Specific research areas or areas covered by Juria: Jurnal Ekonomi Utama include, but are not limited to: challenges of economic globalization, economic digitization, e-commerce and fintech, rural and rural economic development, creative economy development, international trade and finance, public ...