Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis saluran pemasaran dan efisiensi pemasaran Sapi Madura yang ada di Desa Waru Barat Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan. Metode penelitian menggunakan metode snowball sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer dan data sekunder. Jumlah sampel sebanyak 30 responden. Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk mengetahui saluran pemasaran serta margin pemasaran dan farmer’s share digunakan untuk mengetahui efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran Sapi Madura yang ada di Desa Waru Barat Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan terdiri dari 2 saluran, yaitu: saluran 1 (peternak – pedagang pengecer – konsumen), saluran 2 (peternak – pedagang pengumpul – pedagang pengecer – konsumen). Nilai margin pemasaran pada tiap lembaga yaitu Rp.3.190.000 – Rp.3.440.000, dengan nilai efisiensi 4,78 – 5,81 persen pada setiap saluran pemasaran dan dikatakan efisien.
Copyrights © 2023