Darussalam : Jurnal Ilmiah Islam dan Sosial
Vol 24, No 02 (2023): Darussalam : Jurnal Ilmiah dan Sosial

PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH PANGERAN ANTASARI MARTAPURA

khalilurrahman khalilurrahman (Institut Agama Islam Darussalam Martapura)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2023

Abstract

Guru aqidah akhlak tidak hanya dituntut untuk menguasai materi yang disampaikan namun, juga dituntut untuk mengembangkan materi yang akan disampaikan. selanjutnya dalam proses pembelajaran, untuk mencapai tujuan pembelajaran di harapkan guru Akidah akhlak dapat mengamati dan mengerti kesulitan-kesulitan yang di alami siswa pada mata pelajaran yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kesulitan belajar yang dialami siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak, mendeskripsikan peran guru aqidah akhlak dalam mengatasi kesulitan belajar pada siswa kelas VIII, dan mengidentifikasi kendala yang dialami guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Pangeran Antasari Martapura. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan melakukan redukasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan gambaran Kesulitan belajar yang dialami oleh siswa yaitu sikap acuh tak acuh siswa seperti siswa yang tidak memperhatikan pada saat guru menjelaskan pelajaran di depan kelas, siswa sibuk sendiri, dan juga gangguan belajar pada siswa seperti kurang fokus contohnya ada teman yang mengajak bicara pada saat guru menerangkan di depan kelas, sehingga membuat siswa tersebut tidak fokus lagi dengan apa yang di sampaikan oleh guru. Peran yang dilakukan guru mata pelajaran aqidah akhlak dalam mengatasi kesulitan belajar siswa yaitu, sebagai pembimbing seperti memberikan arahan dan membina peserta didik sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya, peran guru sebagai motivator seperti memberikan motivasi atau dorongan kepada siswa sehingga menjadikan siswa semangat dalam mengikuti pembelajaran di kelas, peran guru sebagai pengelola kelas seperti seorang guru harus bisa menciptakan suasana belajar yang tenang dan juga menyenangkan sehingga menjadikan siswa tidak cepat bosen pada saat belajar.Kata kunci: Peran, Aqidah Akhlak, Kesulitan Belajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

darussalam

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah terbit dua kali setahun pada periode Januari dan Juli. Memuat tulisan dari hasil kajian analitis-kritis maupun penelitian ilmiah dalam bidang ...