Journal of Social Empowerment
Vol. 8 No. 2 (2023): Journal of Social Empowerment

Pendampingan Simulasi Math Playground sebagai Teknologi Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika

Ukima Nusuki (Universitas PGRI Semarang)
Agnita Siska Pramasdyahsari (Universitas PGRI Semarang)
Fidela Kama Mifta Velma (Universitas PGRI Semarang)
Muhammad Aldo Febriansyah (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2023

Abstract

Pemanfaatan teknologi pembelajaran sebagai progam peningkatkan kemampuan kecakapan teknologi yang sudah dicanangkan bersamaan dengan program kampus mengajar dimana dilaksanakan di SMP Negeri 3 Guntur. Tujuan dari pengabdian ini untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa di SMP Negeri 3 Guntur yang mana masih rendah. Kegiatan ini mencakup beberapa tahap, yaitu pengenalan program kepada sekolah, sosialisasi program kepada siswa, implementasi program kepada siswa, dan penilaian terhadap kemampuan literasi matematis siswa. Metode yang diimplementasikan adalah deskriptif kualitatif dengan observasi. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan literasi matematis siswa setelah menggunakan teknologi pembelajaran dan Math Playground. Sebanyak 80% siswa dapat menerima materi dengan baik dan dapat menyelesaiakn soal yang memuat infikator literasi matematis dengan sangat baik. Di sisi lain, siswa mendapatkan dampak dalam bidang teknologi pembelajaran, yaitu siswa dapat menggunakan dan mengoperasikan teknologi pembelajaran yang terkhusus gawai dan laptop, yang mana hal ini selaras dengan program yang telah dicanangkan oleh pemerintah dalam kegiatan kampus mengajar.

Copyrights © 2023