Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)
Vol. 4 No. 1 (2023): Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)

Penerapan Student Facilitator and Explaining untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Materi Lingkaran Siswa SMP Al-Ikhlash Surabaya

Shofiyatuzzahrah Putri Salshabila (Universitas Dr. Soetomo Surabaya)
Ardianik Ardianik (Universitas Dr. Soetomo Surabaya)
Ahmad Hatip (Universitas Dr Soetomo)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2023

Abstract

Sekolah selaku wadah pencetak generasi bangsa. Menerapkan bermacam metode pembelajaran guna menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Hingga saat ini, metode tradisional masih digunakan di sekolah-sekolah seperti SMP Al-Ikhlash Surabaya. Oleh karena itu, perlu adanya perbaikan guna meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami konsep, khususnya melalui penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining. Tujuan dari penelitian adalah Untuk membuktikan terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara yang menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan konvensional pada siswa kelas VIII SMP Al-Ikhlash Surabaya. Penelitian ini dilakukan di SMP Al-Ikhlash Surabaya kelas VIII tahun ajaran 2022/2023 dengan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan kelas eksperimen berjumlah 26 siswa, dan kelas kontrol berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian soal uraian yang hasilnya dianalisis menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil uji hipotesis uji t, disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa yang sangat signifikan antara yang menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Konvensional

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkip

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan is published by Lembaga Riset dan Inovasi Al-Matani as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of Business Management and Accounting Studies. First publish in November 2020. The Editorial ...