Pelayanan publik seiring berjalanya waktu mengalami perkembangan dengan menyesuaikan kebutuhan masyarakat. Pelayanan publik saat ini dituntut untuk bisa mengikuti perkembangan zaman serta kecanggihan tekhnologi. Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya meluncurkan inovasi Aplikasi Klampid New Generation dalam meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan pada masyarakat kota Surabaya. Inovasi ini diluncurkan pada 1 Juli 2022 sebagai pengembangan inovasi sebelumya yakni website E-Klampid. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan Inovasi Aplikasi Klampid New generation (KNG) dalam meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah atribut inovasi menurut Rogers dalam Suwarno (2008) yang diantaranya adalah Relative Advantage, Compatibility, Complexity, Triability, dan Observability. Berdasarkan teori tersebut hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi Aplikasi Klampid New Generation dapat dikatakan memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan. Dengan ini juga meningkatkan pelayanan kependudukan kepada masyarakat. Meskipun terdapat beberapa kendala yang harus dievaluasi berdasarkan keluhan dan kerumitan warga yaitu mengenai mekanisme upload dan jam operasional pelayanan melalui aplikasi KNG ini. walaupun terdapat kerumitan tersebut bukan menjadi sebuah kendala dalam pelaksanaan pelayanan kependudukan melalui aplikasi KNG tersebut tetap terus berjalan. Kata kunci: inovasi, aplikasi Klampid New Generation, Pelayanan administrasi kependudukan
Copyrights © 2023