JES-MAT (Jurnal Edukasi dan Sains Matematika)
Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT)

ANALISIS LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP

Indira Novelia Nurinayah (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Iyan Rosita Dewi Nur (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal PISA konten change and relationship. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif metode deskriptif. Pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling berjumlah 3 siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen tes tulis PISA dan wawancara mengenai literasi matematis. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa secara keseluruhan ketercapaian literasi matematis siswa memiliki presentase 29,62%. Berdasarkan kategori literasi matematis maka disimpulkan bahwa 1) siswa dengan kategori tinggi mampu menuntaskan 2 indikator kemampuan literasi matematis; 2) siswa dengan kategori sedang mampu menuntaskan 2 indikator kemampuan literasi matematis, tetapi siswa masih kesulitan dalam menafsirkan permasalahan soal; dan 3) siswa dengan kategori rendah hanya mampu menuntaskan 1 indikator kemampuan literasi matematis.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JESMath

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT) (p-ISSN: 2460-8904, e-ISSN: 2621-4202), is an electronic journal, provides a forum for publishing the original research articles, review articles from contributors, and the novel technology news related to mathematics education. This journal is designed ...