JES-MAT (Jurnal Edukasi dan Sains Matematika)
Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT)

EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL “NUMERASI MATEMATIKA (NUMET)” MATERI BILANGAN BULAT TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA DI SB AMPANG MALAYSIA

Ade Irma Rismala (STKIP Muhammadiyah Kuningan)
Oman Hadiana (STKIP Muhammadiyah Kuningan)
Reza Muhamad Zaenal (STKIP Muhammadiyah Kuningan)
Casnan Casnan (STKIP Muhammadiyah Kuningan)
Tio Heriyana (STKIP Muhammadiyah Kuningan)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi bilangan bulat antara kelas eksperimen yang menerapkan media pembelajaran berbasis digital Numerasi Matematika (NuMet) dengan kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SB Ampang dan mengambil sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas V sebagai kelas eksperimen dan kelas VI sebagai kelas kontrol. Instrumen pada penelitian ini yaitu tes kemampuan pemahaman matematis berupa pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat perbedaan pengaruh positif dan keefektivitasan penerapan media pembelajaran berbasis digital NuMet yang diterapkan pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JESMath

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT) (p-ISSN: 2460-8904, e-ISSN: 2621-4202), is an electronic journal, provides a forum for publishing the original research articles, review articles from contributors, and the novel technology news related to mathematics education. This journal is designed ...