Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) serta untuk menganalisis respon pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran dengan menggunakan LKPD IPA berbasis discovery learning Kelas V di SD Negeri 1 Palapa Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan yaitu, analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini terdiri dari peserta didik kelas V C SD Negeri 1 Palapa dengan jumlah 28 orang dan pendidik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. LKPD divalidasi oleh ahli materi, ahli desain, dan ahli bahasa. Hasil validasi ahli materi memperoleh rata-rata skor 80%, hasil validasi ahli desain memperoleh rata-rata skor 88%, dan hasil validasi ahli bahasa memperoleh rata-rata skor 87%. Hasil validasi dari ketiga ahli validator tersebut maka LKPD IPA berbasis discovery learning dikategorikan sangat layak. Hasil respon pendidik diperoleh rata-rata skor 82% serta respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil memperoleh skor 81% dan pada uji coba lapangan memperoleh skor 85% maka hasil respon pendidik dan peserta didik dikategorikan sangat menarik.
Copyrights © 2023