Penelitian ini menyelidiki keterampilan-keterampilan penting yang sangat penting untuk sukses dalam dunia pendidikan dan profesional abad ke-21 di Indonesia. Dengan menggunakan pendekatan metode campuran, penelitian ini menggabungkan wawasan kualitatif dari wawancara dan diskusi kelompok terarah dengan analisis kuantitatif dari data survei. Hasilnya menyoroti konsensus tentang keterampilan penting seperti berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, dan kemampuan beradaptasi. Namun, terdapat kesenjangan yang signifikan antara persepsi pentingnya keterampilan dan kemahiran yang dilaporkan sendiri, yang mengindikasikan adanya kesenjangan keterampilan penting. Analisis korelasi menunjukkan hubungan positif antara keterampilan berpikir kritis dan kemajuan karier, yang menekankan implikasi praktis dari akuisisi keterampilan. Studi ini memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti bagi para pendidik, pembuat kebijakan, dan pemangku kepentingan industri untuk mengatasi ketidaksesuaian antara pendidikan dan kebutuhan tenaga kerja di Indonesia.
Copyrights © 2023