Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 11, No 2 (2023): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Peningkatan Hasil Belajar PPKN Materi Perilaku yang Sesuai Dengan Sila Pancasila Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Siswa Kelas II SD Negeri 1 Bumirejo, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2022/2023

Mar'atu Sholiah (Universitas Sebelas Maret)
Tri Saptuti Susiani (Universitas Sebelas Maret)
Muhamad Chamdani (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar PPKn materi perilaku yang sesuai dengan sila pancasila pada siswa kelas II melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ialah guru dan siswa kelas II SD Negeri 1 Bumirejo. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan pembelajaran PPKn materi perilaku yang sesuai dengan sila pancasila dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match, persentase ketuntasan belajar siswa siklus I sebesar 76,66%, pada siklus IIĀ  sebesar 83,33%, dan pada siklus III sebesar 93,33%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar PPKn materi perilaku yang sesuai dengan sila pancasila pada siswa kelas II SD Negeri 1 Bumirejo tahun ajaran 2022/2023.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...