Multimedia pembelajaran merupakan suatu alat yang dapat membantu kegiatan para pendidik dalam menyalurkan informasi serta pengetahuan kepada peserta didik. Multimedia pembelajaran akan sangat berguna atau bermanfaat jika pendidik pandai memanfaatkannya dengan baik dalam kegiatan belajar mengajar. Hendaknya dipersiapkan media pembelajaran berbasis multimedia simulasi untuk membantu mempermudah kegiatan pembelajaran agar peserta didik dapat memahami konsep dan membantu peserta didik dalam kegiatan praktikum di kelas. Tujuan penelitian ini yaitu menilai keefektivan penggunaan multimedia pembelajaran matematika berbasis simulasi untuk melatih kemampuan psikomotor peserta didik dalam geometri. Efektivitas pembelajaran diukur dengan peningkatan kemampuan psikomotor peserta didik dalam kegiatan praktikum. Metode penelitian yang diguanakan adalah Mixed methods dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Angket tanggapan dari pendidik dan peserta didik, serta lembar observasi penilaian praktikum merupakan instrumen pengumpulan data yang digunkan dalam penelitian ini. Dari hasil analisis dengan uji gain terdapat peningkatan kemampuan psikomotor peserta didik pada kategori tinggi. Hal ini didasari dari uji gain hasil pretest dan post-test praktikum pada materi kubus dan balok diperoleh skor uji gain sebesar 0,73. Sehingga disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran matematika berbasis simulasi dapat digunakan untuk melatih kemampuan psikomor peserta didik, sehingga dapat digunakan oleh pendidik dan peserta didik dalam kegiatan praktikum maupun pembelajaran geometri secara efektif.
Copyrights © 2023