Peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika merupakan tantangan yang terus dihadapi oleh para pendidik, oleh karena itu, penetian ini bertujuan untuk mengeksplorasi Upaya peningkatan hasil belajar siswa melalui pendekatan STEAM (Science, Tecnology, Engineering, Arts, and Mathematics) berbasis PjBL (Project Based Learning) pada mata pelajaran matematika, Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan jumlah subyek penelitian 18 orang siswa, data dikumpulkan melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini diharapkan memberikan efektifitas pendekatan STEAM berbasis PjBL dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Adapun hasil penelitian ini yaitu dalam pelaksanaan penelitian ini dilakukan selama 2 siklus, setiap siklus mengalami peningkatan yang signifikan baik dari segi proses keterlibatan siswa dalam belajar maupun dari segi hasil belajar. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu implementasi pendekatan STEAM berbasis PjBL dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika
Copyrights © 2023