Proses pembelajaran yang menggunakan aplikasi Learning Management System (LMS) jenis Moodle dalam pembelajaran dari sudut pandang mahasiswa terhadap inovasi pembelajaran, sudut pandang atau penilaian individu terhadap sesuatu ini bisa disebut persepsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap proses pembelajaran berbasis aplikasi LMS di Program Studi Pendidikan Biologi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa aktif di Program Studi Pendidikan Biologi tahun akademik 2022/2023 dengan jumlah sampel 41 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Data dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan persepsi mahasiswa terhadap proses pembelajaran berbasis aplikasi Learning Management System (LMS) di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Luwuk berada pada kategori baik. Kata Kunci: Persepsi, Aplikasi Learning Management System (LMS).
Copyrights © 2023