Journal Of Agribusiness, Social and Economic
Vol 2 No 2 (2022)

NILAI TAMBAH JAMUR TIRAM CRISPY “DuCrija Mush Chi” (STUDI KASUS IKM ANHAN MEKARSARI DI DESA NGARUM KECAMATAN NGRAMPAL KABUPATEN SRAGEN)

Siska Tri Handayani (Universitas Bangun Nusantara)
Rosita Dewati (Universitas Bangun Nusantara)
Agung Setyarini (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2022

Abstract

Jamur tiram crispy adalah makanan ringan berbahan baku jamur tiram dan di produksi oleh IKM Anhan Mekarsari Desa Ngarum Kecamatan Ngrampal Kabupaten Sragen. Tujuan penelitian ini  untuk mengetahui biaya, penerimaan, pendapatan, efisiensi dan nilai tambah usaha Jamur Tiram Crispy “DuCrija Mush Chi”. Metode penelitian yang digunakan deskriptif. Metode penentuan lokasi penelitian menggunakan purposive sampling yaitu dipilih dengan pertimbangan dan tujuan tertentu karena IKM Anhan Mekarsari sudah memiliki ijin P-IRT dan bersertifikat halal. Responden dalam penelitian ini adalah pemilik dan 2 karyawan produksi. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis biaya, analisis penerimaan, analisis pendapatan, analisis efisiensi usaha dan analisis nilai tambah. Hasil penelitian ini adalah biaya yang dikeluarkan dalam proses produksi pada satu kali produksi yaitu sebesar Rp. 12.506.059 meliputi biaya tetap Rp. 176.648 dan biaya variabel Rp. 12.329.411. Penerimaan pada bulan Mei yaitu Rp. 25.500.000. Pendapatan yang diperoleh yaitu Rp. 12.993.941. Efisiensi usaha pada IKM Anhan Mekarsari yaitu 2,5 yang berarti jika R/C Ratio > 1 maka usaha tersebut layak  dan B/C Ratio =1,45 yang bearti >1 usaha tersebut  menguntungkan. Nilai tambah yang diperoleh dari pengolahan jamur tiram dalam satu kali produksi yaitu Rp. 115.385/kg. Rasio nilai tambah menunjukkan 60,7% , maka dapat dikategorikan nilai tambah pada IKM Anhan Mekarsari tergolong tinggi karena >40% dan keuntungan yang diperoleh dari pengolahan jamur tiram menjadi jamur tiram crispy yaitu sebesar Rp. 61.974/kg bahan baku atau sekitar 88% dari nilai produk perunit bahan baku.  Kata kunci: Analisis Hayami, Jamur Tiram, Nilai Tambah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jase

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance

Description

JASE is a national and multi-disciplinary journal in Sustainable Agricultural research, managed by the Universitas Veteran Bangun Nusantara. JASE has two issues in a year and it will be published in May and October. Every submitted manuscript will be reviewed by at least two peer-reviewers using ...