EKMAN
Vol 1 No 2 (2022): jurnal ekman volume 1 no.2 edisi oktober 2022

Customer Relationship Management (Crm) Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Usaha Jamu Ibu Ririn Di Desa Gunung Sari)

Rina Sri Wahyuni (Fakultas Ekonomi Universitas Kaltara)
Susi Ramadana (Fakultas Ekonomi Universitas Kaltara)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2023

Abstract

Industri jamu Indonesia memberikan dampak positif bagi perekonomian nasional, sehingga pada tahun 2019 sektor industri obat tradisional mampu tumbuh di atas 6% atau pertumbuhannya di atas pertumbuhan ekonomi nasional. Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat mengkonsumsi obat alami tanpa bahan kimia, maka meningkat pula jumlah pelaku industri usaha jamu. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap loyalitas pelanggan pada usaha jamu Ibu Ririn di Desa Gunung Sari. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitaif, dengan metode analisis data menggunakan model regresi sederhana. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Accidental Sampling dan pengujian data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji t (parsial) dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa customer relationship management yang meliputi continuity marketing, one to one marketing dan partnering program berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada usaha jamu Ibu Ririn di Desa Gunung Sari.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Ekman

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi Pembangunan dan Manajemen yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Kaltara membuka kesempatan bagi para penulis untuk menerbitkan hasil penelitiannya - karena kami terbit 2 kali dalam setahun yaitu bulan April dan Bulan Oktober. sedangkan bagi para pembaca hasil penelitian ...