Industri jamu Indonesia memberikan dampak positif bagi perekonomian nasional, sehingga pada tahun 2019 sektor industri obat tradisional mampu tumbuh di atas 6% atau pertumbuhannya di atas pertumbuhan ekonomi nasional. Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat mengkonsumsi obat alami tanpa bahan kimia, maka meningkat pula jumlah pelaku industri usaha jamu. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap loyalitas pelanggan pada usaha jamu Ibu Ririn di Desa Gunung Sari. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitaif, dengan metode analisis data menggunakan model regresi sederhana. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Accidental Sampling dan pengujian data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji t (parsial) dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa customer relationship management yang meliputi continuity marketing, one to one marketing dan partnering program berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada usaha jamu Ibu Ririn di Desa Gunung Sari.
Copyrights © 2022