cover
Contact Name
Adi Aspian Nur
Contact Email
adiaspiannur22@gmail.com
Phone
+6285849268019
Journal Mail Official
adiaspiannur22@gmail.com
Editorial Address
Jalan. Sengkawit, Kampus Unikaltar, Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara- Kode pos 73212
Location
Kab. bulungan,
Kalimantan utara
INDONESIA
EKMAN
Published by Universitas Kaltara
ISSN : -     EISSN : 28292715     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Ekonomi Pembangunan dan Manajemen yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Kaltara membuka kesempatan bagi para penulis untuk menerbitkan hasil penelitiannya - karena kami terbit 2 kali dalam setahun yaitu bulan April dan Bulan Oktober. sedangkan bagi para pembaca hasil penelitian tentunya publikasi kami berfokus pada bidang Ekonomi Pembangunan (Makro Development) serta bidang manajemen khususnya manajemen pemasaran dan bidang manajemen sumber daya manusia.
Articles 14 Documents
Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pengguna Jasa Catering Barokah: Catering Barokah Dedik Wiryawan; Emilia Dewi
Jurnal Ekonomi Pembangunan dan Manajemen Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Ekonomi Manajemen
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kaltara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah produk, harga, promosi, orang, bukti fisik, dan proses mempengaruhi keputusan konsumen untuk melakukan pembelian kembali di Catering Barokah. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 186 konsumen perbulan dengan sampel sebanyak 30 responden, teknik pengumpulan data menggunakan metode angket yang telah diuji cobakan dengan berganda, koefisien korelasi dan determinasi, uji F dan Uji t.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y = (-0,595) +0,090Xμ + 0,486X3 + 0,288X3 - 0,224X4 + 0,814Xy + 0,149Xq, Hal ini terbukti berdasarkan hasil SPSS dengan nilai probabilitas uji t secara parsial variabel harga (X2=2,362) dan Bukti Fisik (X5=3,390) lebih besar dibandingkan dengan nilai t tabel =2,069 (t hitung > t tabel) yang berarti bahwa bauran pemasaran mempunyai pengaruh yang signifika terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa catering secara parsial. Hasil uji determinasi menunjukkan terdapat kontribusi dari variabel produk, harga, promosi, orang, bukti fisik dan proses terhadap keputusan pembelian konsumen pengguna jasa cetering pada pelanggan catering barokah sebesar 85,3%.
Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Di Kedai Titik Labuh Tanjung Selor Pada Masa Covid-19 : Kedai Titik Labuh Tanjung Selor Rina Sri wahyuni; Khatarina Yustina Lando
Jurnal Ekonomi Pembangunan dan Manajemen Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Ekonomi Manajemen
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kaltara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Buaran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen di Kedai Titik Labuh Tanjug Selor pada masa Covid-19 Tahun 2020. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat umum di Tanjung Selor yang merupakan para pengunjung atau yang pernah membeli makanan atau minuman di kedai Titik Labuh Tanjung Selor. Jumlah responden yang diteliti adalah sebanyak 50 responden. Hasil dalam penelitian ini dinyatakan bahwa produk tidak berpengaruh pada kepuasan konsumen pada kedai Titik Labuh. Dan untuk penetapan harga tidak berpengaruh secara persial terhadap kepuasan konsumen pada Kedai Kopi Titik Labuh. Dalam penelitian ini berdasarkan perhitungan statistik uji parsial, didapatkan bahwa penetapan promosi berpengaruh secara persial dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Kedai Kopi Titik Labuh. Dalam penelitian ini didapatkan hasil bahwa penetapan lokasi berpengaruh secara persial terhadap kepuasan konsumen pada Kedai Kopi Titik Labuh.
Pengaruh Lingkungan Terhadap Motivasi Dan Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa: Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Kaltara Dewi Qomariah Imelda; Annisa Fitri Amalia
Jurnal Ekonomi Pembangunan dan Manajemen Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Ekonomi Manajemen
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kaltara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Lingkungan berpengaruh terhadap Motivasi, Minat Berwirausaha dan pengaruh Motivasi terhadap Minat Berwirausaha. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Kaltara Angkatan 2016 – 2020. Jumlah responden yang diteliti adalah sebanyak 160 responden. Pengumpulan data berupa kuisioner, teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah SPSS versi 23 dan SEM 23. Hasil penelitian ini adalah, pertama, ditemukan bahwa terdapat hubungan Lingkungan terhadap Motivasi berpengaruh Signifikan, hubungan Lingkungan terhadap Minat Berwirausaha berpengaruh Signifikan dan hubungan Motivasi terhadap Minat Berwirausaha berpengaruh Signifikan
Pengaruh Kepemimpinan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Motivasi Kerja Pegawai : Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Bulungan Ika Niswatin Budiarti
Jurnal Ekonomi Pembangunan dan Manajemen Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Ekonomi Manajemen
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kaltara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan dan lingkungan kerja terhadap peningkatan motivasi kerja pegawai dan untuk mengetahui variabel yang lebih berpengaruh terhadap semangat kerja pegawai pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kabupaten Bulungan. Berdasarkan perhitungan korelasi bahwa variabel kepemimpinan memiliki hubungan yang sedang terhadap semangat kerja pegawai pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kabupaten Bulungan.
Pengaruh Kualitas Pelayanan,Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen: Studi Kasus Pada Rumah Makan Cendana Fried Chicken Yuliansyah; Dian Herawati
Jurnal Ekonomi Pembangunan dan Manajemen Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Ekonomi Manajemen
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kaltara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan harga dan lokasi terhadap kepuasan konsumen di Wilayah Tanjung Selor, pengaruh pelayanan terhadap Kepuasan konsumen pada Rumah Makan Cendana Fried Chiken dan pengaruh harga terhadap kepuasan Konsumen pada Rumah Makan Cendana Fried Chiken di Wilayah Tanjung Selor. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Cendana Fried Chiken di Tanjung Selor yang merupakan para pengguna aktif atau pernah belanja di Cendana Fried Chiken. Jumlah responden yang diteliti adalah sebanyak 50 responden. Pengumpulan data berupa kuisioner, teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah SPSS versi 23. Hasil penelitian ini adalah, pertama, bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Cendana Fried Chiken, dimana diperoleh nilai Sig 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) dan thitung sebesar 0,832 yang lebih besar dari t-tabel (2,850 > 1,838). Kedua, Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada rumah makan cendana fried chiken dimana diperoleh nilai Sig 0,050 = 0,05 dan thitung sebesar 1,986 yang lebih besar dari ttabel (1,986 ≥ 1,98498). Ketiga, harga berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen pada cendana fried chiken, dimana diperoleh nilai Sig 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) dan thitung sebesar 5,858 yang lebih besar dari t-tabel (5,585 >1,98498)
Pengaruh Citra Merek,Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian(Studi Kasus Pada UMK Krupuk Jebgkon Tunggal Putri di Desa Apung Kecamatan Tanjung Selor): Krupuk Jengkol diDesa Apung Kecamatan Tanjung Selor Bernadeta Deludepa; Yuliansyah
Jurnal Ekonomi Pembangunan dan Manajemen Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Ekonomi Pembangunan dan Manajemen
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kaltara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Citra Merek, Harga dan Promosi terhadap keputusan pembelian. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan krupuk jengkol tunggal putri, pengambilan sampel menggunakan ketentuan dari Rosco yaitu 10 x jumlah indikator penelitia. Jumlah responden yang diteliti adalah sebanyak 150 responden. Pengumpulan data berupa koesioner, teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah SPSS 20 dan stuctural equation modeling (SEM). Hasil penelitian ini adalah, pertama, ditemukan bahwa terdapat hubungan antara Citra Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai koefisien sebesar 0,37 dan nilai 0,012, variabel Citra Merek lebih terlihat dari Mudah diKenali dengan nilai sebesar 1,00. Kedua, terdapat hubungan antara Harga berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien sebesar 1,04 dan nilai p 0,002, variabel Harga lebih terlihat dari Kesesuaian Harga dengan nilai sebesar 1,00. Ketiga, terdapat hubungan antara promosi tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai sebesar 1,54 ditemukan bahwa terdapat hubungan antara promosi dengan Keputusan Pembelian berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien sebesar -1,34 dan nilai probability 0,076 variabel Keputusan Pembelian lebih terlihat dari Perilaku Pasca Pembelian dengan nilai sebesar 1,14. Kata kunci: Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian
CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDI KASUS PADA USAHA JAMU IBU RIRIN DI DESA GUNUNG SARI) Rina Sri Wahyuni; susi ramadana
Jurnal Ekonomi Pembangunan dan Manajemen Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Ekonomi Pembangunan dan Manajemen
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kaltara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Industri jamu Indonesia memberikan dampak positif bagi perekonomian nasional, sehingga pada tahun 2019 sektor industri obat tradisional mampu tumbuh di atas 6% atau pertumbuhannya di atas pertumbuhan ekonomi nasional. Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat mengkonsumsi obat alami tanpa bahan kimia, maka meningkat pula jumlah pelaku industri usaha jamu. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap loyalitas pelanggan pada usaha jamu Ibu Ririn di Desa Gunung Sari. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitaif, dengan metode analisis data menggunakan model regresi sederhana. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Accidental Sampling dan pengujian data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji t (parsial) dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa customer relationship management yang meliputi continuity marketing, one to one marketing dan partnering program berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada usaha jamu Ibu Ririn di Desa Gunung Sari.
Implementasi fungsi manajerial pada pengelolaan bumdes di desa Tengkapak (Bumdes Jaya Makmur) Ika Niswatin Budiarti
Jurnal Ekonomi Pembangunan dan Manajemen Vol 1 No 2 (2022): jurnal ekman volume 1 no.2 edisi oktober 2022
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kaltara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan di BUMDesa Jaya Makmur yang berada di Desa tengkapak. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana Implementasi fungsi manajerial pada pengelolaan BUMDesa Tengkapak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskiptif. Populasi pada penelitian ini berjumlah 6 orang dan sampelnya yaitu : ketua BUMDesa Tengkapak, Sekertaris BUMDes Tengkapak, 1 anggota BUMDesa, pengawas BUMDesa dari BPD Tengkapak, Sekertaris desa Tengkapak, dan masyarakat desa Tengkapak. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengimplementasian fungsi manajerial di BUMDesa Tengkapak tidak berjalan maksimal hasil ini ditunjukan dengan kurangnya Pengendalian, pengarahan, dalam menjalankan roda organisasi. Factor yang menghambat implementasi fungsi manajerial yang sudah diterapkan namun dalam perjalanannya tidak berlangsung sesuai dengan teori ataupun fungsinya hal ini di tunjukan dengan komunikasi yang buruk antar sesama pengurus kemudian independensi masing-masing anggota dalam menjalakan Lembaga, dimana didalam merencanakan dan menjalakan program kerja terdapat kepentingan ataupun kekuasaan tersendiri baik dari anggota maupun ketua seperti dalam menjalankan program kerja yang terbagi dan tidak ada singkronisasi laporan hasil ataupun pengeluaran dari setiap program kerja.
Customer Relationship Management (Crm) Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Usaha Jamu Ibu Ririn Di Desa Gunung Sari) Rina Sri Wahyuni; Susi Ramadana
Jurnal Ekonomi Pembangunan dan Manajemen Vol 1 No 2 (2022): jurnal ekman volume 1 no.2 edisi oktober 2022
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kaltara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Industri jamu Indonesia memberikan dampak positif bagi perekonomian nasional, sehingga pada tahun 2019 sektor industri obat tradisional mampu tumbuh di atas 6% atau pertumbuhannya di atas pertumbuhan ekonomi nasional. Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat mengkonsumsi obat alami tanpa bahan kimia, maka meningkat pula jumlah pelaku industri usaha jamu. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap loyalitas pelanggan pada usaha jamu Ibu Ririn di Desa Gunung Sari. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitaif, dengan metode analisis data menggunakan model regresi sederhana. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Accidental Sampling dan pengujian data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji t (parsial) dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa customer relationship management yang meliputi continuity marketing, one to one marketing dan partnering program berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada usaha jamu Ibu Ririn di Desa Gunung Sari.
Pengaruh Harga, Fasilitas, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Objek Wisata Karai River Di Desa Antutan) Yuliansyah; Suci Hidryah
Jurnal Ekonomi Pembangunan dan Manajemen Vol 1 No 2 (2022): jurnal ekman volume 1 no.2 edisi oktober 2022
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kaltara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Industri Pariwisata di Kabupaten Bulungan sangat pesat perkembangannya, beberapa objek dan lokasi wisata memilliki daya tarik dan keunikan tersendiri. Objek wisata alam Karai River yang dikelola secara swakaray, merupakan wisata air yang memanfaatkan mata air pegunungan dari hulu yang dinamakan “Karai”, ada sensasi ikan batu yang mengigit kaki ketika berendam di obejek wisata tersebut. Namun, beberapa fasilititas yang ada tidak sesuai dengan harapan konsumen, seperti harga masuk ke objek wisata yang tinggi, serta pelayanan yang kurang cepat tanggap. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh harga, fasilitas, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah SPSS versi 23. Hasil penelitian ini adalah, pertama, bahwa Harga berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Kepuasan Konsumen Objek Wisata Alam Karai River, dimana diperoleh nilai sig 0,063 yang lebih besar dari 0,05 (0,063 > 0,05) dan thitung sebesar 1,918 yang lebih besar dari ttabel 1.684595 (1,918 > 1.68595).Hasil penelitian ini adalah, bahwa Fasilitas berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen Objek Wisata Alam Karai River, dimana diperoleh nilai sig 0,001 yang lebih kecil dari 0,05 (0,001 < 0,05) dan thitung sebesar 3.815 yang lebih besar dari ttabel 1.68595 (3.815 >1.68595).Hasil penelitian ini adalah, bahwa Kualitas Pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen Objek Wisata Alam Karai River, dimana diperoleh nilai sig 0,327 yang lebih besar dari 0,05 (0,327 > 0,05) dan thitung sebesar 0,994 yang lebih kecil dari t tabel 1.68595 (0,994 <1.68595).

Page 1 of 2 | Total Record : 14