Sabangka Abdimas Jurnal Pengabdian Masyarakat Sabangka
Vol. 1 No. 03 Mei (2022): Jurnal Pengabdian Masyarakat Sabangka

PENGEMBANGAN HASIL TANI DAN DIGITAL MARKETING KELOMPOK TANI KAMPUNG SEMARANG MANDIRI, BALIKPAPAN

Muhammad Fajrin Wahab (Institut Teknologi Kalimantan)
Christianto Credidi Septino Khala (Institut Teknologi Kalimantan)
Andina Prima Putri (Institut Teknologi Kalimantan)
Athirah (Institut Teknologi Kalimantan)
Eka Risky Nuradila (Institut Teknologi Kalimantan)
Devi Azalia Mujiono (Institut Teknologi Kalimantan)
Feby Ayu Caroline Pitaloka (Institut Teknologi Kalimantan)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2022

Abstract

Kota Balikpapan merupakan salah satu kota dengan banyaknya sumber daya alam yang berlimpah dengan penyebaran perkebunannya. Berdasarkan Badan Pusat Statistik Kalimantan Timur tahun 2018 data produksi hasil perkebunan di tahun 2018 mencapai 8.846,9 ton, sedangkan untuk data produksi hortikultura di tahun 2018 mencapai 260.882 ton. Pada Kelurahan Karang Joang, Kecamatan Balikpapan Utara tepatnya di Jalan Giri Rejo RT.27 Kampung Semarang Mandiri, terdapat Kelompok Tani Karya Mukti dengan sumber daya yang melimpah. Seperti tanaman hortikultura dan perkebunan dengan hasil sumber daya hortikultura yang meliputi tanaman singkong, bengkoang, jagung, cabe kecil, terong, kacang panjang dan buncis. Kelompok Tani Karya Mukti masih menjalankan kegiatan pertanian dan pemasaran hasil panen secara konvensional, hasil panen yang berlimpah dan terkadang tidak laku terjual secara keseluruhan mengakibatkan para petani mengalami kerugian yang cukup besar. Sehingga untuk menghindari hasil panen yang membusuk begitu saja, para petani membagikan sayur-sayuran tersebut secara cuma-cuma kepada masyarakat sekitar misalnya seperti komoditi kacang panjang. Berlimpahnya hasil pertanian Kelompok Tani Karya Mukti untuk komoditi kacang panjang dapat dimanfaatkan untuk menjadi sebuah produk inovasi berupa tempe dari biji kacang panjang. Strategi pemasaran melalui pemanfaatan teknologi ini sangat memungkinkan untuk mendapatkan jangkauan pasar yang lebih luas sehingga keuntungan yang didapat pun juga semakin besar. Dengan memanfaatkan model pemasaran melalui digital marketing dapat membantu pelaku usaha dalam hal mempromosikan dan memasarkan produk dan jasa mereka tanpa adanya batasan jarak, waktu dan cara komunikasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sabangkaabdimas

Publisher

Subject

Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences Other

Description

urnal Pengabdian Masyarakat Sabangka adalah jurnal yang diterbikan oleh PUSAT STUDI EKONOMI, PUBLIKASI ILMIAH DAN PENGEMBANGAN SDM AZRAMEDIA INDONESIA untuk mempublikasikan dan meyebarluaskan tulisan dan artikel Pengabdian Masyarakat yang telah dilakukan oleh akademisi, praktisi dan mahasiswa dengan ...