Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode brainstorming dalam model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Enrekang pada materi larutan penyangga. Menggunakan desain yaitu Posttest only control group design. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Enrekang yang tersebar dalam 6 kelas. Sampelnya adalah XI MIPA 1 sebagai kelas eksprimen dan XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol yang ditetapkan secara random sampling. Hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen 81,01 lebih tinggi dari kelompok kontrol yaitu 74,38. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa data kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berasal dari populasi yang homogen, tetapi tidak terdistribusi normal sehingga dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh metode brainstorming dalam model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Enrekang pada materi larutan penyangga.
Copyrights © 2023