cover
Contact Name
Gusma Harfiana Abbas
Contact Email
gusma.harfiana@unm.ac.id
Phone
+6289694990900
Journal Mail Official
chemedu@unm.ac.id
Editorial Address
Jurusan Kimia FMIPA, Universitas Negeri Makassar, Jl. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Chemedu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia
ISSN : 28081226     EISSN : 28081218     DOI : https://doi.org/10.35580/chemedu.v4i2
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Chemedu merupakan wadah untuk bertukar informasi ilmiah mengenai ilmu pendidikan kimia yang meliputi perkembangan teori, media dan metode pembelajaran dari hasil penelitian, telaah pustaka, opini, makalah teknis dan kajian buku.
Articles 87 Documents
Perbandingan Model Pembelajaran Problem Solving dan Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 3 Makassar (Studi pada Materi Pokok Stoikiometri) Nur Aliana; Sugiarti Sugiarti; Sulfikar Sulfikar
ChemEdu Vol 2, No 3 (2021)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/chemedu.v2i3.26657

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain Posttest-Only Control Design, bertujuan untuk membandingkan apakah hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Makassar yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran problem solving lebih tinggi daripada yang diajar dengan model pembelajaran langsung dalam mempelajari stoikiometri. Populasi berasal dari seluruh kelas X SMA Negeri 3 Makassar sebanyak 360 siswa. Hasil random sampling diperoleh kelas X1 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas X2 sebagai kelas eksperimen 2. Variabel penelitian yaitu model pembelajaran problem solving dan model pembelajaran langsung sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Pengambilan data melalui post-test yaitu tes uraian sebanyak tujuh item yang telah divalidasi isi. Perolehan data dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan nilai kelas eksperimen 1 adalah (rata-rata 89,28, sd ± 6,92) dengan ketuntasan kelas sebesar 91,7% dan kelas eksperimen 2 adalah (rata-rata 59,67, sd ± 11,31) dengan ketuntasan kelas sebesar 0%. Analisis inferensial menggunakan uji t’ diperoleh t’ ≥ nKt’ yaitu 13,40 ≥ 1,69. Dengan demikian, hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Makassar yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran problem solving lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung dalam mempelajari stoikiometri.
Pengaruh Media Word Search Puzzle melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Hasil Belajar dan Sikap Kimia Siswa Kelas X SMAN 1 Tanete Rilau (Studi pada Materi Pokok Hidrokarbon) Musawwir Usman; Iwan Dini; Ramlawati Ramlawati
ChemEdu Vol 2, No 3 (2021)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/chemedu.v2i3.26618

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode quasy experiment yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif media word search puzzle (WSP) pada model pembelajaran kooperatif talking stick terhadap hasil belajar dan sikap kimia siswa kelas x SMAN 1 Tanete Rilau tahun pelajaran 2015/2016 pada materi pokok hidrokarbon. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Tanete Rilau yang terdiri dari tujuh kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak. Kelas yang terpilih sebagai sampel penelitian yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan X4 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 26 siswa. Kelas eksperimen diajar dengan menggunakan media WSP pada model pembelajaran kooperatif tipe talking stick sedangkan kelas kontrol diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick tanpa menggunakan medi WSP. Variabel bebas pada penelitian ini adalah media WSP dan variabel terikatnya adalah hasil belajar dan sikap kimia siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar dan pengisian angket sikap kepada siswa pada awal dan akhir pembelajaran. Hasil analisis prasyarat statistik inferensial menunjukkan bahwa data tidak terdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji non-parametrik dengan menggunakan uji Mann-Whitney diperoleh Zhitung > Ztabel atau 1,995 > 1,64 untuk hasil belajar sedangkan untuk sikap kimia siswa diperoleh Zhitung < Ztabel atau 0,714 < 1,64 sehingga dapat disimpulkan bahwa media WSP pada model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Tanete Rilau pada materi pokok hidrokarbon, namun tidak berpengaruh positif terhadap sikap kimia siswa.
Pengaruh Permainan Word Search Puzzle dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Baraka (Studi pada Materi Pokok Hidrokarbon) Nurfajrianti Akhmad; Taty Sulastry; Muh. Yunus
ChemEdu Vol 3, No 3 (2022)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/chemedu.v3i3.39338

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian quasy experiment yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan word search puzzle dalam model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Baraka tahun pelajaran 2015/2016 pada materi pokok hidrokarbon. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Baraka yang terdiri dari sebelas kelas. Sampel diperoleh secara acak dan terpilih kelas X.9 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.8 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa masing-masing 28 orang. Variabel bebas pada penelitian ini adalah permainan word search puzzle dan variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Data diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar kepada siswa pada akhir pembelajaran. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa data terdistribusi normal sesuai dengan yang diperoleh 〖x^2〗_hitung
ANALISIS KUALITAS INSTRUMEN EVALUASI HASIL BELAJAR GURU KIMIA KELAS X SMAN 4 ENREKANG Nurmia Nurmia; Maryono Maryono; Muhammad Anwar
ChemEdu Vol 4, No 2 (2023)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/chemedu.v4i2.40404

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui kualitas instrumen evaluasi hasil belajar siswa berdasarkan validitas, realibilitas, daya pembeda, indeks kesukaran, dan efektifitas pengecoh, serta menentukan presentase soal yang termasuk High order thinking skill di kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Enrekang. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMAN 4 Enrekang yang berjumlah 123 peserta didik yang terdiri dari kelas X MIPA 1, X MIPA 2, X MIPA 3, dan X MIPA 4. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan pedoman wawancara guru. Data tersebut dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas instrumen evaluasi hasil belajar guru kimia memiliki validitas isi yang tinggi. Adapun kelayakan tes hasil belajar kimia berdasarkan: (1) rata-rata r product moment validitas item soal 0,43; jumlah kategori item soal validitas tinggi adalah 10%, jumlah kategori item soal validitas cukup 56,67%, jumlah kategori item soal validitas rendah 20%, dan jumlah kategori item soal validitas sangat rendah 13,33%, (2) Reliabilitas item soal memiliki kategori tinggi dengan r11 = 0,78, (3) Rata-rata daya pembeda item soal 0,36; jumlah item soal kategori daya pembeda jelek adalah23,33%; jumlah item soal kategori daya pembeda cukup adalah 33%; jumlah item soal kategori daya pembeda baik adalah 36,67; dan jumlah item soal kategori daya pembeda baik sekali adalah 6,67%, (4) Rata-rata tingkat kesukaran item soal 0,68 ; jumlah item soal dengan kategori sukar adalah 10%,; jumlah item soal kategori sedang adalah 33,33%; dan jumlah item soal kategori mudah adalah 56,67%. Jumlah item soal kategori tingkat kesukaran sangat baik adalah 24,17%,; jumlah item soal kategori tingkat kesukaran baik adalah 16, 67%; jumlah item soal kategori tingkat kesukaran kurang baik adalah 23,33%; jumlah item soal kategori IP jelek adalah 25,83%; dan jumlah item soal kategori tingkat kesukaran sangat jelek adalah 10%, (5) Untuk efektifitas fungsi opsi kunci efektif 46,67%, efektifitas fungsi opsi kunci tidak efektif 53,33%, dan efektifitas fungsi opsi pengecoh efektif 50,83%, efektifitas fungsi opsi tidak efektif 49,17%, (6) Soal-soal yang termasuk kedalam soal-soal High Order Thinking Skill sebesar 23,33%.
Pengaruh Macromedia Flash dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 12 Makassar (Studi pada Materi Pokok Ikatan Kimia) Yanti Madong; Taty Sulastri; Sumiati Side
ChemEdu Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/chemedu.v1i1.17525

Abstract

The research is quasi experiment that aim to know the influence of using Macromedia Flash on cooperatif learning model type NHT to achievment of students of class X SMA Negeri 12 Makassar. The independent variable are NHT type cooperatif learning model with Macromedia Flash and without Macromedia Flash based in cooperatif learning model, and dependent variable is students’ achievment in chemical bonding main subject of learning. The populasi is whole student of X Grade SMAN 12 Makassar which consists of 8 classes. The sample include two classes such as X2 as an experiment class with 36 students and X3 class as a control class with 36 students The sampling technique is random with assumption that the population is homogeny. Data collection technique is obtained from objective test which consists of 20 items of multiple choice. The data analysis technique used are descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis. The hypothesis test using t test shows that tcalculate > ttable = 2,97 > 1,67 on α ═ 0,05. Conclude that using Macromedia Flash on Cooperatif Learning Model Type NHT gives effected positive to toward student’s achievement of class X SMAN 12 Makassar on Chemical Bonding subject matter.
Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas XI MIA di SMAN 11 Makassar (Studi Materi Pokok Laju Reaksi) Yulianti Palajukan; Sugiarti Sugiarti; Netti Herawati
ChemEdu Vol 2, No 2 (2021)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/chemedu.v2i2.22404

Abstract

This study is a quasi-experimental research (Quasi Experiment) that aims to determine the effect of guided inquiry learning model to the problem-solving ability of students Class XI SMAN 11 Makassar. The study design used was "posttest-Only Control Group Design ".The study population was the students of class XI MIA SMA Negeri 11 Makassar consisting of six classes, while the sample is a class XI MIA 4 as an experimental class and class XI MIA 6 as the control class with the number of students each 34 people. The experimental class was studied by guided inquiry model. While the control class was with conventional learning models.The independent variable in this study was guided inquirí learning model and conventional learning model. The dependent variable is the ability to solving problem.Data retrieval problem solving skills performed by administering the test problem solving abilities. Problem-solving abilities data were analyzed using descriptive statistics and inferential statistics. The results of inferential statistical analysis of the data prerequisite troubleshooting capabilities indicate that the data on the class experimental and control classes were not normally distributed, but had a homogeneous variance. Hypothesis testing was done by using a non-parametric test of Mann-Whitney test with α = 0.05 was obtained Zcalculated> Ztable (2:02> 1.64). The effect of guided inquiry learning model to the problem-solving ability of students in class XI MIA SMAN 11 Makassar studies on the subject matter of the reaction rate.
Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMA Negeri 14 Makassar (Studi pada Materi Pokok Larutan Penyangga) Halimah Husain; Netty Herawati; Nur Asriani M
ChemEdu Vol 3, No 2 (2022)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/chemedu.v3i2.36786

Abstract

ABSTRAK Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran inkuiri termbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMAN 14 Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah inkuiri terbimbing sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik pada materi pokok larutan penyangga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA SMAN 14 Makassar sebanyak 5 kelas, sedangkan sampelnya adalah kelas XI MIA 2 sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah peserta didik 26 orang dan kelas XI MIA 3 sebagai kelompok kontrol dengan jumlah peserta didik 27 orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar pada materi pokok larutan penyangga berupa post test. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen 85,46 lebih tinggi dari kelompok kontrol yaitu 77. Hasil analisis statistik inferensial terhadap hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa data pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol terdistribusi normal serta berasal dari populasi yang homogen. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t diperoleh nilai thitung = 2,25 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk = 2 diperoleh nilai ttabel = 1,64 karena thitung lebih besar dari ttabel, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMAN 14 Makassar pada materi pokok larutan penyangga. ABSTRACT This quasi-experimental research aimed to determine whether there was an effect of the guided inquiry learning model on the learning outcomes of students in class XI MIA SMAN 14 Makassar. The variables in this research were guided inquiry as to the independent variable (X) and learning outcomes as the dependent variable (Y) on the subject matter of the buffer solution. The populations in this research were all of the students in XI MIA SMAN 14 Makassar as many as 5 classes, while the sample was students class in XI MIA 2 as an experimental group with 26 students and class XI MIA 3 as a control group with 27 students. The research data were obtained by providing the learning outcome test on the subject matter of the buffer solution in the form of a post-test. Based on the results of descriptive analysis, the average learning outcomes of the experimental group were 85,46 higher than the control group, namely 77. The results of inferential statistical analysis on the student learning outcomes showed that the data in the experimental group and control group were normally distributed and came from a homogeneous population. The reasult of hypothesis testing using the t-test obtained the value of tcount = 2,25 at the significant level α = 0,05 with dk = 2, the value of ttable = 1,64 was obtained Because tcount is greater than ttable, then H1 is accepted and H0 is rejected . Based on the results of the study, it was concluded that the guided inquiry learning model affected the learning outcomes of the students in class XI MIA SMAN 14 Makassar on the subject matter of the buffer solution.
Efektivitas Model Learning Cycle 5E dengan Teknik Make a Match Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 6 Bone Wardani H. Abidin; Muharram Muharram; Netti Herawati
ChemEdu Vol 4, No 1 (2023)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/chemedu.v4i1.34259

Abstract

This research is a descriptive research that aims to determine the effectiveness of the 5E learning cycle model with the make a match technique on the learning outcomes of students in class XI MIPA SMA Negeri 6 Bone on the subject matter of acids and bases. The research was conducted by giving a pretest before treatment and giving a posttest after treatment. The subject of this research is class XI MIPA 3 which consists of 36 students. Data were collected using learning outcomes tests and observation sheets which were analyzed descriptively. The results of the study are: (1) Class completeness of students achieved is 83.33%. (2) The average value of normalized gain in learning outcomes of students is 0.78 which is in the high category. (3) The average activity of students in the learning process is 91.49% and is in the very good category. Based on normalized gain, it can be concluded that the application of the 5E learning cycle model with the make a match technique is effective on the learning outcomes of students of class XI MIPA SMA Negeri 6 Bone on the subject matter of acids and bases.
Pengaruh Pemberian Kuis di Awal Pertemuan dalam Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMAN 10 Gowa (Studi pada Materi Pokok Asam Basa) Andi Faldi Aldiansah; Muhammad Anwar; Sumiati Side
ChemEdu Vol 2, No 2 (2021)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/chemedu.v2i2.22395

Abstract

This study is a quasi-experimental study that aims to determine the effect of giving quiz at the beginning of a meeting in a guided inquiry learning model towards the students outcomes of Class XI MIA SMA Negeri 10 Gowa. The population of this study was students of class XI MIA SMA Negeri 10 Gowa consisting of 4 XI MIA classes totaling 128 people. The sampling technique used a random sampling technique. The data obtained from the research results provided by the test of learning outcomes which were obtained on average in the experimental class were 81.10 and the control class was 70.63. The results of inferential statistical analysis obtained tcount (4.03)> t table (3.10) at α ═ 0.05. Quiz at the beginning of the meeting in the guided inquiry learning model affect the student outcomes of Class XI MIA SMA Negeri 10 Gowa study of basic acid base material.
Analisis Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Hidrokarbon Berdasarkan Gaya Belajar (Studi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bontolempangan Kabupaten Gowa) Fahruddin Ilham Nur; Muhammad Danial; Diana Eka Pratiwi
ChemEdu Vol 3, No 1 (2022)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/chemedu.v3i1.32509

Abstract

Analysis of Student Results with subject matter is Hydrocarbon Based Learning Styles (Studies in Class X SMAN 1 Bontolempangan Gowa). Chemistry Education Program. Department of Chemistry. Faculty of Mathematics and Sciences. Makassar State University (led by Muhammad Danial and Diana Eka). This study was a descriptive study aimed to describe the results of student learning in SMA Negeri 1 Bontolempangan Gowa district based on learning style in the subject matter of hydrocarbons. Subjects are consist of 60 students. This study method using a questionnaire style of learning as much as 12 statements and test results to learn as much as 20 grains of questions to each sample by taking a score dominant learning style statement and an average score of each class learning outcomes. The results show that the class X.1 learning styles, there are 6 groups consisting of auditory, visual, kinesthetic, auditory-visual, kinesthetic and visual-auditory-visual-kinesthetic with each gain medium category of learning outcomes. This indicates that the dominant group of students with three styles. X.2 there are 4 visual and auditory learning style categories were, kinesthetic and A-V-K with the high category. While in class learning styles X.3 are auditory, kinesthetic with high category and auditory-visual learning style with the medium category.